Cara Mengasuh

Pentingnya Peran Pap Selama Proses Kelahiran

By: Wyeth Nutrition 2018-07-09 00:46:06 (UTC)
Salah satu kecemasan Mam selama proses kehamilan adalah saat masa kelahiran tiba. Saat-saat menegangkan sekaligus paling ditunggu. Berbagai perasaan campur aduk. Excited ingin bertemu si Kecil yang sudah 9 bulan dibawa ke mana-mana, menahan sakit akibat kontraksi, sampai cemas akan keselamatan si Kecil dan diri sendiri.
Saat inilah peran Pap sangat dibutuhkan. Kehadiran Pap di samping Mam selama proses kelahiran akan memberikan ketenangan, semangat dan rasa ditemani bagi Mam. Seolah tidak berjuang sendirian.

Nah, sebenarnya seberapa penting sih peran Pap selama proses kelahiran?

1. Memberi Ketenangan
Percayalah, proses kelahiran merupakan salah satu momen paling menakutkan bagi Mam. Apalagi saat ini mudah sekali menemukan berita-berita soal apa pun di internet, termasuk tentang kegagalan proses kelahiran. Karena itu, terkadang Mam begitu khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
Kehadiran Pap di sampingnya akan memberikan rasa tenang, bahwa apapun yang akan terjadi, ada seseorang yang mencintainya di sana. Hal yang harus Pap lakukan, sebisa mungkin ciptakan suasana relaks bagi Mam denganmengobrol, menyuapi makanan, atau menanyakan apa yang dirasakannya.

2. Mendukung Secara Fisik Maupun Emosional
Saat proses persalinan, Mam mengalami kondisi yang serbatidak enak. Kehadiran Pap di sana bisa memberi dukungan secara fisik dengan memijat, mengelus, ataupun mengingatkan mengatur pernafasan. Kehadiran pap juga bisa mengalihkan Mam dari rasa sakit akibat kontraksi. Karena itu, Pap bersiap-siap untuk hal-hal aneh yang mungkin dilakukan Mam, seperti mungkin mencengkeram tangan Pap keras-keras, menggigit, bahkan mungkin menangis. Peran Pap di sana meredakan kesakitan fisik maupun emosional Mam yang sedang berjuang.

3. Membantu Membuat Keputusan
Yup, terkadang selama proses persalinan terdapat hal-hal yang perlu keputusan cepat. Kondisi Mam yang sedang berjuang tentu tidak memungkinkan untuk memutuskan sesuatu jika dibutuhkan. Kehadiran Pap yang akan mengambil peran itu. Dengan adanya Pap di samping Mam, segala hal bisa dilakukan secara cepat. Hal itu juga turut memberi ketenangan batin untuk Mam, yakin bahwa ada orang yang dapat diandalkannya.

4. Menikmati Momen Kehadiran Si Kecil Bersama
Segera setelah si Kecil lahir, Mam akan sedikit emosional. Ia mungkin akan menangis dan ingin berbagi kebahagiaan bersama orang yang dicintainya. Pap adalah orang tersebut. Begitu si Kecil lahir, saat diberikan ke pelukan Mam dengan Pap di sampingnya tentu memberi perasaan dicintai dan kebahagiaan luar biasa.
Karena itu Pap, usahakan untuk mendampingi Mam saat persalinan tiba. Namun, persiapkan juga diri Pap jika memang tidak sanggup melihat proses persalinan. Tidak perlu memaksakan diri. Berikan dukungan dalam bentuk apa pun yang Pap bisa.
 
Source:
babycenter.com/0_a-dads-role-in-delivery_183.bc
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Cara Mengasuh

Libatkan Pap dalam Masa Kehamilan dengan Hal Ini

By: Wyeth Nutrition 2018-06-28 23:37:43 (UTC)
Kehamilan adalah pengalaman bersama antara Mam dan Pap. Bisa jadi awalnya Pap merasa bingung menghadapi perubahan yang terjadi pada Mam, baik secara fisik maupun psikisnya. Namun, dukungan Pap sangat penting bagi Mam dan banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalani dan berbagi pengalaman pertama selama kehamilan bersama Mam.

Pap bisa memberi perhatian lebih pada kehamilan yang dijalani Mam dengan memutarkan musik, bernyanyi, atau membacakan buku untuk si Kecil di dalam perut. Rasakan juga pergerakan aktif si Kecil dan diskusikan perkembangannya bersama Mam.

Bagi Mam, salah satu hal yang paling membahagiakan saat kehamilan adalah melakukan kunjungan ke dokter atau bidan ditemani Pap. Cobalah untuk ikut aktif bertanya bukan hanya sekadar menemani. Jangan lewatkan momen mengintip si Kecil lewat USG dan mendengar detak jantungnya. Jika Mam harus menjalani tes kesehatan, Pap bisa mendampingi agar kecemasannya berkurang.

Mam benar-benar harus menjaga kesehatannya selama kehamilan. Namun, Pap juga harus fit, lho! Ajak Mam makan makanan yang lebih sehat. Luangkan waktu untuk berolahraga ringan bersama. Jika Pap merokok, sebaiknya segera hentikan, ya. Ini demi kesehatan Mam, Pap, dan tentunya si Kecil di dalam kandungan.

Seiring berjalannya waktu, perut Mam akan semakin membesar dan mungkin ada saat Mam merasa kurang percaya diri. Supaya Mam lebih bersemangat, ajak berfoto bersama setiap minggu untuk merekam perjalanan kehamilan Mam. Jangan lupa untuk terus memuji Mam dengan mengatakan padanya ia terlihat cantik dan menarik.

Ada kalanya Mam mengidam makanan dan minuman tertentu. Asal permintaannya masih masuk akal, cobalah untuk memenuhinya ya, Pap. Begitu pula jika Mam menjadi agak manja dan meminta bantuan untuk hal-hal yang sebelumnya bisa ia kerjakan sendiri.

Satu atau dua bulan menjelang hari perkiraan lahir (HPL), Mam dan Pap sudah harus mempersiapkan perlengkapan bayi. Diskusikan dengan Mam perlengkapan seperti apa yang dibutuhkan si kecil dan temani ia berbelanja. Tidak kalah penting untuk dipersiapkan sebelum si kecil lahir adalah nama. Siapkan nama yang terbaik yang Pap dan Mam sukai sebelum si Kecil lahir.

Sebelum HPL Mam dan Pap juga harus memutuskan di mana Mam akan bersalin. Pastikan semua keperluan termasuk berkas-berkas yang dibutuhkan sudah siap. Tidak perlu panik saat tanda-tanda melahirkan muncul. Pap harus tetap tenang saat mengantar Mam ke rumah sakit.

Selain itu bersiaplah untuk menjadi partner Mam saat melahirkan. Buat Mam merasa nyaman dengan memijatnya, memeluknya, mendoakannya serta memberinya kalimat penyemangat. Bantu Mam untuk makan dan minum supaya punya tenaga untuk melahirkan.
Setelah menjalani kehamilan selama 9 bulan, tiba waktunya bagi si Kecil untuk lahir ke dunia. Bersiaplah untuk petualangan baru Pap menjadi seorang ayah.
 
Source:
babycenter.com/0_how-to-share-in-your-partners-pregnancy_3752.bc
nakita.grid.id/amp/0212145/tip-menjadi- ayah-hebat- dan-siaga- selama-kehamilan
ayahbunda.co.id/kehamilan-psikologi/dukungan- ayah-pada- trimester-pertama- kehamilan
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top