Tumbuh Kembang

Ketahui Perkembangan Fisik, Kognitif, Komunikasi, dan Sosial Si Kecil di Usia 1 Bulan

By: Wyeth Nutrition 2015-08-04 17:00:00 (UTC)
Selamat atas kelahiran si kecil! Akhirnya momen yang ditunggu datang juga.Si kecil yang lahir dengan sehat pasti membuat hari setiap orang tua bernafas lega. Bagi ibu yang pertama kali melahirkan, rasa cemas pasti menyelimuti karena pengetahuan tentang bayi yang masih belum banyak. Tenang, ulasan berikut akan membantu Mam untuk mengetahui perkembangan si kecil pasca melahirkan hingga umur 1 bulan. Simak baik-baik ya.

Pada usia 1 bulan perkembangan fisik yang mulai terlihat adalah kulit yang makin tampak putih. Kerutan pada tangan dan kaki juga mulai menghilang. Jangan cemas jika melihat tulang kaki atau tangan si kecil terlihat agak bengkok, hal ini wajar terjadi kok. Seiring usianya yang makin bertambah hal ini akan menghilang dengan sendirinya namun tentu memerlukan perhatian Mam agar perkembangan tulangnya sempurna..

Gerakan yang bisa dilakukan memang masih minim, namun Mam harus banyak membantu si kecil untuk berlatih. Pada usia 1 bulan pada umumnya si kecil bisa menggerakkan kepalanya pada posisi tengkurap. Mam bisa melatihnya dengan memberikan benda warna mencolok atau benda yang memiliki suara untuk menarik perhatiannya. Kegiatan ini akan merangsang logika anak dan proses berpikirnya. Cengkraman yang kuat dan kemampuan mengikuti objek dengan tatapan mata juga mulai dikuasai oleh si kecil.

Bayi yang baru lahir memiliki leher yang masih sangat lemah. Itulah mengapa, dalam beberapa bulan awal dia membutuhkan bantuan Mam untuk menyangga kepalanya saat digendong. Namun, hal ini justru mendukung interaksi antara Mam dan si kecil untuk dapat bertatap muka lebih sering. Secara tidak langsung, hal ini akan meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk lebih mengenal Mam. Saat mengendongnya dalam dekapan, si kecil akan merasa dicintai.

Menangis adalah satu-satunya cara komunikasi si kecil. Saat lapar dan merasa tidak nyaman dia akan mulai menangis dengan keras. Namun, komunikasi bisa dilatih antara Ibu dan anak. Sambil menyusui, ajaklah dia bicara agar terbiasa dengan kata-kata yang Mam ucapkan. Saat melihat orang baru, si kecil mungkin akan merasa asing dan tidak nyaman. Namun, Mam bisa membelainya dalam gendongan anggota keluarga lain untuk membuatnya lebih nyaman.

Ibu memiliki peranan yang sangat penting dalam segala aspek perkembangan si kecil. Oleh karena itu, ajarkan komunikasi melalui belaian, tatapan mata dan suara untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya. Yuk, belajar menjadi ibu yang cerdas agar si kecil bisa tumbuh penuh aksi pintar dan akal pintar. Semoga bermanfaat ya, Mam.

Sumber:
http://www.babycentre.co.uk/a6476/milestone-chart-one-to-six-months
http://www.babycentre.co.uk/a6579/developmental-milestones-head-control
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top