Tumbuh Kembang

Ketahui Perkembangan Fisik, Kognitif, Komunikasi, dan Sosial Si Kecil di Usia 2 Bulan

By: Wyeth Nutrition 2015-08-04 17:00:00 (UTC)
Sebagai ibu baru, setiap perkembangan si kecil pasti membuat Mam makin penasaran. Gerakan dan kecerdasan apa lagi ya yang akan ditunjukannya? Setiap bangun tidur dan melihat perkembangan baru darinya selalu membawa pengalaman tersendiri yang tak terlupakan bagi seorang ibu. Kalau begitu, yuk ketahui perkembangan si kecil dari berbagai aspek.

Bayi usia 2 bulan sudah mulai kuat menopang kepalanya. Walaupun terkadang masih kehilangan keseimbangan, tapi dia sudah bisa mengangkat kepalanya setinggi 45 derajat. Hal ini akan diikuti dengan kemampuannya untuk tengkurap. Saat tengkurap, letakkan si kecil pada kasur dengan warna menarik disertai dengan benda yang mengeluarkan suara. Hal ini akan membuatnya makin senang saat tengkurap. Posisi ini dapat membantunya untuk menguatkan otot leher, tangan dan kaki.

Kemampuan kognitif si kecil juga mulai meningkat ditandai dengan menghisap jari tangan yang merupakan caranya untuk menghibur diri. Dia juga mulai mendengar saat Mam berbicara atau bercerita dengan memperhatikan bibir dan ekspresi muka. Pada usia ini si kecil mulai belajar membuat suara yang biasanya diawali dengan huruf vokal, seperti ah, uh, eh dan oh. Ini merupakan bentuk komunikasi yang yang harus selalu dilatih dengan baik ya. Agar si kecil lebih terangsang proses berpikirnya sehingga dapat meningkatkan perkembangan otak anak.

Pada usia 2 bulan ini, si kecil mulai bisa tersenyum lho! Melihat ekspresi yang Anda tunjukkan setiap harinya membuat si kecil belajar menirukannya. Dia akan makin sering tersenyum dan terlihat bergumam seperti bicara sendiri. Si Kecil juga mulai belajar mengenal emosi. Saat Mam tidak memperhatikannya, dia bisa saja menangis dengan keras. Jangan ragu untuk terus mengajaknya berkomunikasi, karena dia sebenarnya mengerti apa yang Anda bicarakan.

Si kecil yang mulai belajar membuat kontak dengan inderanya seperti, mata, sentuhan dan suara harus harus makin dilatih  agar perkembangannya tidak terlambat. Gunakan berbagai media penuh warna dan suara untuk membuatnya makin tertarik untuk bergerak dan memberi respon suara. Wah selamat menikmati setiap aksi pintar dan akal pintar si kecil!

Sumber:
http://www.babycentre.co.uk/a6476/milestone-chart-one-to-six-months
http://www.babycentre.co.uk/a6576/developmental-milestones-socialisation
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top