Gambar Ketahui Perkembangan Fisik, Kognitif, Komunikasi, dan Sosial Si Kecil di Usia 10-12 Bulan
Gambar Ketahui Perkembangan Fisik, Kognitif, Komunikasi, dan Sosial Si Kecil di Usia 10-12 Bulan

Ketahui Perkembangan Fisik, Kognitif, Komunikasi, dan Sosial Si Kecil di Usia 10-12 Bulan

oleh: Wyeth Nutrition 2015-08-05 07:00:00
Mam, selamat menyaksikan langkah pertama si kecilya. Pada usia 10-12 bulan adalah masa si kecil mulai berjalan sekaligus berbicara. Masa keemasan ini tidak boleh begitu saja dilewatkan. Oleh karena itu, simak yuk perkembangan lengkap si kecil berikut ini.


Jika pada awal usia 10 bulan si kecil masih belum bisa berdiri sendiri, pada 11 bulan dia akan mulai bisa menjaga keseimbangan. Fisik yang dimilikinya juga semakin kuat. Kejutan paling membahagiakan adalah menginjak usia 12 bulan ketika dia bilang melangkahkan kakinya sendiri. Wah, senangnya. Bayi sangat menyukai hal baru yang baru saja dikuasainya, oleh karena itu Mam juga butuh ekstra tenaga dan pengawasanya.

Kemampuan kognitif juga makin meningkat. Tidak hanya menirukan suara dan gerakan yang dilihatnya, dia juga mulai mengetahui namanya dengan baik. Ketika Mam memanggil namanya, dia akan menoleh dan tertawa riang. Untuk mendukung logika anak dan perkembangan otak anak, sediakan mainan yang dapat merangsang proses berpikirnya. Misalnya saja bermain drum. Gerakan tangan yang kemudian menghasilkan suara akan sangat membuatnya tertarik. Dekatkan juga dengan musik yang dapat merangsang kecerdasannya.

Kata apa saja yang sudah bisa diucapkan si kecil? Pada umumnya, si kecil sudah bisa menyebut nama yang sederhana walaupun belum sempurna seperti 'mbil' untuk mobil, 'ukba' untuk cilukba dan 'nek' untuk nenek. Dalam hal sosial, setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda tergantung pada lingkungannya. Jika si kecil terbiasa bertemu dengan orang baru, mencium tangan dan tersenyum pada orang asing biasanya sudah bisa dilakukan. Sedikit berbeda dengan anak yang tidak terbiasa bertemu orang asing akan merasa tidak nyaman dan pemalu.
Mam, yuk dukung aksi pintar dan akal pintar si kecil dengan banyak mengenalkannya pada hal baru. Perlu diingat juga untuk memberikan asupan nutrisi yang baik agar si kecil punya energi yang maksimal untuk beraktivitas dan belajar banyak hal. Semoga bermanfaat.


Sumber:
http://www.sheknows.com/parenting/articles/841445/months-10-12-common-milestones
http://www.mayoclinic.org/healthy-living/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-development/art-20047380

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top