Gambar Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Memilih Nama Bayi
Gambar Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Memilih Nama Bayi

Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Memilih Nama Bayi

oleh: Alia An Dhiva 2016-10-19 11:05:01
Nama adalah doa. Dalam nama yang diberikan kepada anak, tersimpan doa orang tua. Misalnya, arti nama bayi laki-laki Adhitya Mahendra adalah anak laki-laki pertama yang memiliki kehormatan seperti raja yang sabar. Dari nama tersebut, tersirat harapan dari orang tua agar anak laki-laki pertamanya itu akan tumbuh menjadi sosok terhormat dan memiliki sifat sabar.
 
Contoh nama lainnya adalah Muhammad Ali, yang terinspirasi dari nama petinju profesional asal Amerika Serikat yang dijuluki “The Greatest”. Bisa jadi, orang tua berharap anak laki-lakinya kelak tumbuh dengan kualitas seperti yang dimiliki oleh sang petinju legendaris, yaitu pemberani, inspiratif, dan selalu menjadi yang terbaik. Sementara bila dilihat dari makna per kata, arti nama bayi laki-laki ini pun tak kalah bagus, yaitu sosok yang terpuji dan memiliki kedudukan mulia. Muhammad merupakan nama nabi terakhir dalam agama Islam, yang sangat terpuji dan dimuliakan. Sementara Ali merupakan kata dalam bahasa Arab yang berarti tinggi atau yang dimuliakan.
 
Selain mencari tahu arti nama, sebaiknya Mam dan Pap juga mempertimbangkan 5 hal berikut dalam memilihkan nama untuk si Kecil:
 
1. Mudah diucapkan dan dituliskan
Pilihlah nama yang mudah diucapkan. Tak sedikit orang tua yang menamai anaknya dengan istilah asing, misalnya Daphne, Charlotte, Eleanore, Clarence, Theodore, dan lain sebagainya. Meski nama-nama tersebut bagus dan memiliki makna positif, namun kemungkinan besar akan sulit diucapkan dan dituliskan. Bayangkan si Kecil kelak harus mengulang atau mengeja berulang kali setiap ada yang menanyakan namanya. 
 
2. Makna
Selain mudah diucapkan, pastikan nama yang dipilih memiliki makna positif yang diharapkan menggambarkan kepribadian si Kecil. Kini terdapat banyak situs serta buku yang merangkum ratusan pilihan nama bayi beserta arti di baliknya. 
 
3. Keunikan
Orang tua mana yang tak ingin anaknya memiliki nama unik dan original? Nama tersebut seolah menandakan bahwa si Kecil adalah sosok yang spesial dan berkesan. Contoh nama anak selebritis yang unik misalnya, Anakku Lelaki Hoed (anak pasangan musisi Melly Goeslaw dan Anto Hoed), Jenaka Mahila Sudiro (anak aktor Tora Sudiro dan Mieke Amalia), atau Btari Embun Anandayu (anak pembawa acara Ananda Omesh). 
 
4. Jumlah kata
Nama seseorang akan dicatat di berbagai dokumen penting sepanjang hidupnya. Mulai dari akte kelahiran, ijazah kelulusan sekolah, kartu tanda penduduk (KTP), paspor, dan lain sebagainya. Jangan sampai nama yang terlalu panjang menjadi masalah di kemudian hari karena tidak cukup untuk dicatatkan pada lembar formulir atau kartu identitas.
 
5. Gender anak
Berikan nama yang jelas menunjukkan jenis kelamin si Kecil. Memberi anak lelaki nama yang umumnya dimiliki anak perempuan tentu akan memancing pertanyaan, dan begitu juga sebaliknya. Tindakan ini memang tidak salah, tetapi kasihan si Kecil kelak bila harus selalu menjelaskan latar belakang pemberian namanya setiap kali ada yang bertanya sementara nama yang bersifat uniseks berpotensi menimbulkan kesulitan kelak saat si Kecil harus berkomunikasi dengan orang lain tanpa bertatap muka. 
Apakah Mam dan Pap sudah menemukan arti nama bayi laki-laki yang berkesan untuk diberikan pada si Kecil? Semoga kelak si Kecil tumbuh menjadi sosok yang dapat dibanggakan oleh orang tuanya, sesuai dengan doa yang tersimpan di dalam namanya, ya. Selain mencarikan nama, siapkan juga kebutuhan perlengkapan si Kecil ya, Mam. Temukan tips cermat berbelanja kebutuhan bayi di sini. Selamat mencarikan nama untuk si Kecil.
 
 
Sumber:
babycenter.com/0_how-to-pick-a-name-for-your-baby_1505.bc
webmd.com/baby/features/choosing-baby-name?print=true
ayahbunda.co.id/keluarga-tips/tips-memilih-nama-anak-
ayahbunda.co.id/balita-tips/memilih-nama-anak-
ayahbunda.co.id/kehamilan-psikologi/seni-memberi-nama-anak
Diakses pada 12 September 2016

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top