Pilihan Menu MPASI 6 Bulan Untuk Bayi

Senin, 25 September 2017, 11:23 WIB25 Shares
Si Kecil sudah memasuki usia 6 bulan dan siap dengan makanan pertamanya. Makanan pendamping ASI (MPASI) apa yang Mam siapkan?

Lewat usia 6 bulan, ASI saja tidak mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi bagi si Kecil. Organ pencernaan si Kecil pun dianggap sudah siap menerima makanan tambahan. Selain itu, memulai MPASI 6 bulan menurunkan risiko obesitas dan diabetes.

Jangan lupa jumlah, komposisi, dan waktu pemberian MPASI harus diperhatikan benar. Ini karena bisa mengakibatkan anak mengalami malanutrisi yang akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan.

Makanan pertama biasanya membuat bingung Mam dan Pap, ya. Bagaimana cara membuat MPASI? Apakah harus diberi buah dulu? Atau langsung bubur beras?

Sebetulnya tidak ada aturan baku tentang apa yang pertama kali harus diberikan. Hanya saja, Mam dan Pap harus memastikan menu MPASI 6 bulan si Kecil mencukupi. Beberapa kebutuhan yang harus dicukupi adalah karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi, protein hewani, vitamin, mineral, dan zat besi.

Gula, garam, dan zat tambahan lainnya juga sebaiknya jangan ditambahkan pada menu MPASI 6 bulan bagi si Kecil yang baru belajar makan. Rasanya harus hambar, dengan tekstur yang sangat lembut, dan tidak memberi makanan yang memicu alergi.

Makanan yang terlalu padat bisa disaring lalu kemudian dicairkan dengan ASI atau air matang. Setelah beberapa lama, Mam dan Pap bisa menaikkan teksturnya jadi lebih kasar, kemudian masuk ke finger food, makanan lunak dengan lauk yang hanya dicincang. Terakhir adalah makanan keluarga.

Sebagai panduan, berikut daftar menu MPASI 6 bulan yang bisa Mam berikan untuk si Kecil:
 

Jenis Makanan

Pilihan

Cara Menyiapkan

Nutrisi

Serealia

Bubur beras yang difortifikasi zat besi

Oats

Masak dengan air bersih

Bubur beras adalah makanan yang paling umum digunakan saat memulai MPASI. Pastikan Mam pilih yang sudah difortifikasi dengan zat besi, karena kebutuhan zat besi meningkat setelah usia 6 bulan.

Buah empuk

Alpukat

 

Pepaya
Pisang

Kerok dengan sendok

Tawarkan langsung

Alpukat merupakan sumber lemak yang baik dan dibutuhkan tubuh.

Pisang dan pepaya baik untuk pencernaan.

Buah keras

Apel
Pir

Kukus & blender

Apel dan pir dapat membuat.

Sayuran

Kentang
Ubi
Wortel

 

Bayam

Kukus & blender

Umbi-umbian merupakan alternatif yang sangat baik untuk menggantikan bubur beras karena mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi.

Bayam merupakan sumber zat besi nabati yang sangat baik

Lauk (hewani)

Daging ayam
Daging sapi

Kukus atau rebus → sisihkan tulang→ blender

Gunakan kaldu sebagai kuah atau untuk mengencerkan makanan

Selain sebagai sumber protein berkualitas tinggi, daging ayam dan sapi juga baik sebagai sumber zat besi dan vitamin B12
(vitamin B12 hanya terdapat dari sumber hewani).

Lauk (nabati)

Tahu
Kacang merah

Kukus & blender

Tahu dan kacang merah mempunyai tekstur dan rasa yang unik sebagai variasi sumber protein.

Sebagai tambahan lemak baik, Mam bisa tambahkan extra virgin olive oil dalam menu MPASI si Kecil. Olive oil mengandng vitamin A, C, D, E, K, dan B, anti-oksidan, serta mendukung pertumbuhan otak si Kecil. Selain itu, lemak seperti olive oil bisa menambah kalori dan membantu si Kecil yang kesulitan buang air besar.
‚Äč
Jadi sudah tidak bingung lagi kan, dengan cara membuat MPASI? Selamat mencoba, Mam.

Source:
  • kellymom.com/ages/older-infant/delay-solids/
  • idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memberi-makan-pada-bayi-kapan-apa-dan-bagaimana
  • ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/13-fakta-pure-
  • blog.homemade-baby-food-recipes.com/olive-oil-in-baby-food/

0 Komentar

Artikel Terkait

Info Nutrisi

5 Jenis Ikan yang Aman Untuk MPASI

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

3 Manfaat ASI Eksklusif yang Terbaik untuk Ibu dan Bayi

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

Menyiapkan MPASI Pertama Si Kecil

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top