Info Nutrisi

Pilihan Menu MPASI 6 Bulan Untuk Bayi

By: Annisa Steviani 2017-09-24 21:23:49 (UTC)
Si Kecil sudah memasuki usia 6 bulan dan siap dengan makanan pertamanya. Makanan pendamping ASI (MPASI) apa yang Mam siapkan?

Lewat usia 6 bulan, ASI saja tidak mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi bagi si Kecil. Organ pencernaan si Kecil pun dianggap sudah siap menerima makanan tambahan. Selain itu, memulai MPASI 6 bulan menurunkan risiko obesitas dan diabetes.

Jangan lupa jumlah, komposisi, dan waktu pemberian MPASI harus diperhatikan benar. Ini karena bisa mengakibatkan anak mengalami malanutrisi yang akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan.

Makanan pertama biasanya membuat bingung Mam dan Pap, ya. Bagaimana cara membuat MPASI? Apakah harus diberi buah dulu? Atau langsung bubur beras?

Sebetulnya tidak ada aturan baku tentang apa yang pertama kali harus diberikan. Hanya saja, Mam dan Pap harus memastikan menu MPASI 6 bulan si Kecil mencukupi. Beberapa kebutuhan yang harus dicukupi adalah karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi, protein hewani, vitamin, mineral, dan zat besi.

Gula, garam, dan zat tambahan lainnya juga sebaiknya jangan ditambahkan pada menu MPASI 6 bulan bagi si Kecil yang baru belajar makan. Rasanya harus hambar, dengan tekstur yang sangat lembut, dan tidak memberi makanan yang memicu alergi.

Makanan yang terlalu padat bisa disaring lalu kemudian dicairkan dengan ASI atau air matang. Setelah beberapa lama, Mam dan Pap bisa menaikkan teksturnya jadi lebih kasar, kemudian masuk ke finger food, makanan lunak dengan lauk yang hanya dicincang. Terakhir adalah makanan keluarga.

Sebagai panduan, berikut daftar menu MPASI 6 bulan yang bisa Mam berikan untuk si Kecil:
 

Jenis Makanan

Pilihan

Cara Menyiapkan

Nutrisi

Serealia

Bubur beras yang difortifikasi zat besi

Oats

Masak dengan air bersih

Bubur beras adalah makanan yang paling umum digunakan saat memulai MPASI. Pastikan Mam pilih yang sudah difortifikasi dengan zat besi, karena kebutuhan zat besi meningkat setelah usia 6 bulan.

Buah empuk

Alpukat

 

Pepaya
Pisang

Kerok dengan sendok

Tawarkan langsung

Alpukat merupakan sumber lemak yang baik dan dibutuhkan tubuh.

Pisang dan pepaya baik untuk pencernaan.

Buah keras

Apel
Pir

Kukus & blender

Apel dan pir dapat membuat.

Sayuran

Kentang
Ubi
Wortel

 

Bayam

Kukus & blender

Umbi-umbian merupakan alternatif yang sangat baik untuk menggantikan bubur beras karena mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi.

Bayam merupakan sumber zat besi nabati yang sangat baik

Lauk (hewani)

Daging ayam
Daging sapi

Kukus atau rebus → sisihkan tulang→ blender

Gunakan kaldu sebagai kuah atau untuk mengencerkan makanan

Selain sebagai sumber protein berkualitas tinggi, daging ayam dan sapi juga baik sebagai sumber zat besi dan vitamin B12
(vitamin B12 hanya terdapat dari sumber hewani).

Lauk (nabati)

Tahu
Kacang merah

Kukus & blender

Tahu dan kacang merah mempunyai tekstur dan rasa yang unik sebagai variasi sumber protein.

Sebagai tambahan lemak baik, Mam bisa tambahkan extra virgin olive oil dalam menu MPASI si Kecil. Olive oil mengandng vitamin A, C, D, E, K, dan B, anti-oksidan, serta mendukung pertumbuhan otak si Kecil. Selain itu, lemak seperti olive oil bisa menambah kalori dan membantu si Kecil yang kesulitan buang air besar.
‚Äč
Jadi sudah tidak bingung lagi kan, dengan cara membuat MPASI? Selamat mencoba, Mam.

Source:
  • kellymom.com/ages/older-infant/delay-solids/
  • idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memberi-makan-pada-bayi-kapan-apa-dan-bagaimana
  • ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/13-fakta-pure-
  • blog.homemade-baby-food-recipes.com/olive-oil-in-baby-food/
Penulis
Annisa Steviani

Ibu satu anak yang rutin menulis kesehariannya, terutama suka duka menjadi ibu. Ia pernah bekerja sebagai jurnalis di media online terbesar di Indonesia (2011-2013) dan Social Media & Community Manager di sebuah edisi online surat kabar berbahasa Inggris (2013-sekarang). Selain berisi keseharian sebagai ibu, blognya juga berisi tentang lifestyle dan beauty.

Info Nutrisi

5 Jenis Ikan yang Aman Untuk MPASI

By: Wyeth Nutrition 2017-12-06 08:50:36 (UTC)
Masuk usia 6 bulan, bayi harus memulai tahapan barunya dalam hal makan. Makanan yang lebih padat dari pada susu ini akan membantu bayi mencukupi kebutuhan gizinya yang kian bertambah banyak. ASI memang masih dapat memberikan energi pada bayi, namun, saat ini bayi juga membutuhkan zat gizi lain yang jumlahnya kian meningkat. Sama seperti makanan orang dewasa, MPASI atau makanan pendamping ASI juga sebaiknya disajikan dengan makanan yang bervariasi. Hanya saja teksturnya dibuat lebih halus.

MPASI yang bervariasi harus mencakup semua zat gizi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Salah satu sumber protein yang dapat dikenalkan pada bayi adalah ikan. Meskipun menjadi salah satu bahan makanan yang tergolong sebagai makanan alergen (makanan penyebab alergi), namun ikan tetap dapat dikenalkan pada bayi. Untuk melihat reaksi alergi, Anda dapat menerapkan aturan tunggu dan lihat (wait and see). Namun, jika Anda masih ragu, Anda dapat mengunjungi dokter terlebih dahulu untuk berkonsultasi tentang hal ini. 

BIla lampu hijau sudah didapat, Mam dapat mencoba ikan sebagai salah satu bahan MPASI. Beri jeda satu hingga dua hari untuk mencoba jenis ikan tertentu sebelum berganti ke jenis yang lain. Karena, pemicu alergi membutuhkan waktu untuk memperlihatkan gejalanya. Jika terburu-buru diganti, Mam akan kesulitan menerka jenis ikan yang mana yang menyebabkan alergi.

Tak perlu bingung memilih jenis ikan apa saja yang bisa dikenalkan pada bayi. Berikut beberapa jenis ikan yang bisa Anda kenalkan menurut saran dari Bebby Astrika SGz

1. Salmon
Kandungan omega 3 pada ikan salmon memang tak diragukan lagi. Zat gizi ini sangat  berguna untuk tumbuh kembang bayi. Memberikan satu porsi salmon pada bayi sudah memenuhi hampir 80% kebutuhan proteinnya. 

2. Gindara
Tekstur ikan gindara yang cukup lembut membuatnya cocok untuk dijadikan bahan MPASI.  Mam bisa membeli ikan ini  dalam bentuk fillet untuk memudahkan memasak. Kandungan asam lemak omega 3 ikan ini tak jauh berbeda dengan salmon. Ditambah lagi, ikan gindara juga mengandung asam lemak omega 6 yang penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

3. Kakap
Salah satu jenis ikan kakap yang favorit adalah ikan kakap merah. Pengolahannya dapat  dikukus atau dicampurkan ke dalam bubur beras merah saring. Keunggulannya, selain tidak berduri halus, daging kakap juga cukup tebal. Tiap kali memasak, gunakan 50 gram kakap untuk bisa memenuhi kebutuhan protein bayi sebanyak 10 gram.

4. Gurame
Ikan air tawar juga mengandung banyak zat gizi. Sekali pembuatan MPASI (50 gram), bayi akan mendapatkan protein dari ikan ini sebanyak 9 gram. Gurame memiliki tekstur yang kenyal dan tak terlalu banyak duri, sehingga mudah diolah sebagai bahan MPASI.

5. Kembung
Salah satu ikan yang banyak direkomendasikan oleh ahli gizi dan dokter anak untuk MPASI adalah ikan kembung. Pasalnya, tidak berbeda jauh dari ikan salmon, ikan kembung juga kaya akan kandungan DHA, asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil. Bahkan kandungan Omega-3 ikan kembung jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ikan salmon, yaitu mencapai 2,6 gram per 1 ons, sementara salmon hanya 1,6 gram.

Variasikan pemberian ikan dengan bahan makanan lain seperti beras, tempe, atau sayuran agar bayi mendapatkan zat gizi yang cukup. Cek juga kesegaran ikan sebelum membeli untuk memastikan ikan tersebut masih layak dimakan.


Sumber: 
http://mommiesdaily.com/2017/04/14/bahan-makanan-yang-perlu-dihindari-untuk-mpasi/ - ( Tanggal akses: 24 September 2017, 15:30)
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top