Pilihan MPASI untuk Bayi 6 Bulan

Senin, 25 September 2017, 11:23 WIB2 Shares
Hai Mam, apa saja sih yang harus diperhatikan saat memilih bahan makanan saat mulai memberi si Kecil MPASI
  • Pilih bahan makanan yang rasanya ringan. Tidak asam, pedas maupun terlalu kuat.
  • Pastikan tekstur yang sangat lembut
  • Kekentalannya saat diolah juga perlu diperhatikan. Awali dengan berupa bubur halus, jika perlu diencerkan dengan air matang, ASI, susu formula maupun air kaldu.
  • Pastikan bahan makanan bukan merupakan sumber alergi (hipoalergenik).
  • Tidak ditambahkan gula, garam, pengawet, pewarna maupun perasa.

Apakah Mam kebingunan dengan anak yang rewel dan pilih-pilih makanan saat mulai memberikan MPASI? Mam bias simak tips dari Mam Cynthia Prayudi di artikel ini

Sebagai panduan, berikut ini daftar makanan yang cocok untuk Mam berikan pada bayi yang berusia 6 bulan.

 

Jenis Makanan Pilihan Cara Menyiapkan Nutrisi
Serealia Bubur beras yang difortifikasi zat besi

Oats
Masak dengan air bersih Bubur beras adalah makanan yang paling umum digunakan saat memulai MPASI. Pastikan Mam pilih yang sudah difortifikasi dengan zat besi, karena kebutuhan zat besi meningkat setelah usia 6 bulan.
Buah empuk Alpukat


Pepaya
Pisang
Kerok dengan sendok

Tawarkan langsung
Alpukat merupakan sumber lemak yang baik dan dibutuhkan tubuh.

Pisang dan pepaya baik untuk pencernaan.
Buah keras Apel
Pir
Kukus & blender Apel dan pir mempunyai fiber yang dapat membentuk kotoran(tidak cair). 
Sayuran Kentang
Ubi
Wortel


Bayam
Kukus & blender Umbi-umbian merupakan alternatif yang sangat baik untuk menggantikan bubur beras karena mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi.

Bayam merupakan sumber zat besi nabati yang sangat baik
Lauk (hewani) Daging ayam
Daging sapi
Kukus atau rebus -> sisihkan tulang -> blender

Gunakan kaldu sebagai kuah atau untuk mengencerkan makanan
Selain sebagai sumber protein berkualitas tinggi, daging ayam dan sapi juga baik sebagai sumber zat besi dan vitamin B12
(vitamin B12 hanya terdapat dari sumber hewani).
Lauk (nabati) Tahu
Kacang merah
Kukus & blender Tahu dan kacang merah mempunyai tekstur dan rasa yang unik sebagai variasi sumber protein.

Mungkin sebagian Mam ada yang merasa bahwa si Kecil menjadi kentut lebih sering setelah memulai MPASI. Jangan khawatir Mam, DR Dr Rini Sekartini menjelaskan sebabnya di artikel ini.
Juga, baca selengkapnya cara Mam Wina Natalia dalam mengembangkan kebiasaan makan sehat pada anak-anaknya di artikel ini.


References:
WHO 2016 http://www.who.int/nutrition/topics/complementary_feeding/en/

 

0 Komentar

Artikel Terkait

Info Nutrisi

3 Manfaat ASI Eksklusif yang Terbaik untuk Ibu dan Bayi

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

Menyiapkan MPASI Pertama Si Kecil

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

Kebutuhan Vitamin C untuk Bayi

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top