Cara Mengasuh

Proteksi si Kecil Lewat Imunisasi

By: DR Dr Rini Sekartini SpA K 2017-09-25 03:34:32 (UTC)
Mam, perlindungan kesehatan tubuh untuk si Kecil harus selalu dipikirkan dengan matang. Mulai dari lahir hingga dewasa nanti, ia harus mendapatkan imunisasi lengkap untuk mencegah serangan penyakit. Ketahui seluruh pro dan kontra tentang imunisasi, sebagai bekal informasi yang Mam dan Pap perlukan untuk memastikan si Kecil mendapatkan perlindungan yang terbaik. Dengan memerhatikan apa yang diberikan untuk si Kecil, kita bisa memastikan sejak dini bahwa si Kecil mendapat proteksi terbaik di tubuhnya.


Menurut riwayatnya, imunisasi merupakan sebagai salah satu pencapaian kesehatan masyarakat terbesar pada abad ke-20, bahkan para ahli sepakat bahwa imunisasi adalah kunci untuk tetap sehat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, si Kecil harus diimunisasi lengkap dan harus tepat waktu. Penyakit memang tidak 100% diberantas, namun dengan perlindungan ini, si Kecil mendapat proteksi dari bahaya penyakit yang akan menyerang, sehingga tingkat bahayanya bisa dikendalikan. 


Mam dan Pap mungkin berpikir bahwa dengan sekali imunisasi dapat melindungi kesehatan tubuh si Kecil dari Tetanus, Difteri, Tipus, Pertusis, Hepatitis, dan lain-lain seumur hidup. Hal ini yang perlu diluruskan kembali, bahwa untuk menjamin efektivitasnya, imunisasi jenis tertentu perlu diulang hingga masa dewasa. Oleh sebab itu, penting bagi Mam dan Pap untuk mengecek pada daftar imunisasi yang biasanya dibagian secara gratis di klinik atau rumah sakit, kapan saatnya melakukan vaksin ulangan. 


Diketahui, ada beberapa imunisasi dasar yang diberikan saat anak berusia 0-1 tahun, yaitu Hepatitis B, BCG, DPT, Polio, Hib, dan Campak. Vaksin dasar merupakan program pemerintah, terdiri dari 3 vaksin yang harus diulang di usia balita, yaitu DPT, polio, dan campak. Sedangkan vaksin BCG dan Hepatitis B cukup diberikan pada usia kurang dari 1 tahun. 


Pengulangan vaksin, nantinya dilakukan lewat imunisasi MR (Measles - Rubella), karena selain untuk mencegah campak (Measles), juga mencegah Rubella yang juga merupakan sejenis campak. Jadi pengulangan vaksin ini sangat penting untuk kita semua. Dengan melakukan imunisasi lanjutan, kita akan memastikan bahwa imunisasi yang kita terima bekerja sesuai dengan kapasitasnya, sehingga kita bisa merasa aman dari serangan virus atau penyakit yang berbahaya. Saat ini Pemerintah sedang menyelenggarakan pemberian vaksinasi MR untuk seluruh anak mulai dari usia 9 bulan sampai 15 tahun, tanpa memperhatikan status imunisasi sebelumnya. Pemberian imunisasi ini diberikan baik di sekolah, maupun di Posyandu dan fasilitas kesehatan lainnya.


Menjaga kesehatan si Kecil sangatlah penting. Untuk mengetahui tips untuk menjaga kesehatan anak, lihatlah di sini.

‚Äč
Sumber :
http://www.immunizeforgood.com/fact-or-fiction/benefits-vs.-risks
https://www.healthlinkbc.ca/healthlinkbc-files/benefits-immunizing-your-child
http://lifestyle.kompas.com/read/2010/11/01/12324224/mengapa.imunisasi.harus.diulang
Penulis
DR Dr Rini Sekartini SpA K

Dokter Spesialis Anak Konsultan alumni Fakultas Kedokteran UI Jakarta dan saat ini praktek sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Cara Mengasuh

Kiat-kiat Menyusui

By: DR Dr Rini Sekartini SpA K 2018-01-02 23:20:23 (UTC)
Menyusui adalah cara terbaik untuk memberi si kecil nutrisi dan energi yang dibutuhkan. Selain untuk memberi makanan pada si kecil, menyusui juga merupakan saat dimana Mam dan si Kecil mendapatkan momen kedekatan. Pahami serba-serbi dalam menyusui, apa jenis makanan yang baik dikonsumsi saat menyusui, dan bagaimana mengetahui apakah si Kecil sudah cukup mendapatkan ASI.

Menempelkan si Kecil di dada Mam telah terbukti memiliki banyak manfaat. Serta memberi Mam momen berharga untuk menikmati ikatan khusus dengannya, posisi ini juga dapat membantu mengatur suhu tubuh si Kecil, mendorong kesiapannya untuk memberi makan setelah terjaga, serta meningkatkan produksi susu Mam. Posisi yang baik akan membantu memastikan si Kecil menyusu dengan benar dan sering menjadi kunci untuk mendapatkan ASI yang nyaman dan memuaskan.

Ikuti kiat berikut untuk memastikan posisi si Kecil sudah tepat dan siap menerima ASI dari Mam:
  • Beri kode

    Saat si Kecil berada di payudara Mam dan siap untuk makan, gelitik bibirnya dengan puting susu sampai mulut terbuka lebar dan siap menerima ASI.

  • Pelukan hangat

    Bawa si Kecil dekat dengan payudara Mam (daripada menyodorkan payudara Mam ke arahnya) dan pastikan dagu dan rahang bawahnya menyentuh payudara Anda terlebih dahulu. Pastikan perut si Kecil dan Mam menempel untuk kenyamanan saat menyusui.

  • Ajak bicara atau bersenandung

    Si kecil telah mendengarkan suara Mam selama beberapa bulan terakhir di dalam rahim. Jadi baginya, suara Mam adalah suara terindah di dunia. Cobalah nyanyikan lagu atau bersenandung saat menyusui. Atau bicaralah tentang perasaan atau kegiatan menyenangkan yang Mam sering lakukan, ini akan membuat Mam lebih relaks dan ia akan menyusu dengan tenang.

Jangan lupa, saat masa menyusui Mam pasti merasa cepat lapar. Mencukupi asupan sehat akan memberi Mam lebih banyak energi untuk merawat si Kecil, terutama dengan mengonsumsi protein. Kacang-kacangan, yogurt, selai kacang atau sandwich ayam, dan telur rebus adalah kudapan ringan yang bisa Anda makan dengan satu tangan, dan semuanya merupakan sumber protein yang baik. Tidak perlu mewah, namun pastikan makan dari asupan bernutrisi seimbang yang disarankan pakar kesehatan.

Simpanlah segelas atau botol air tepat di samping Mam saat menyusui. Proses menyusui menciptakan reaksi hormonal yang bisa membuat Mam cepat merasa haus. Jangan sampai dehidrasi ya, Mam!
 
Refeensi:
  • https://www.babycenter.com/0_positions-and-tips-for-making-breastfeeding-work_8784.bc
  • https://www.babycenter.com/breastfeeding
  • https://www.womenshealth.gov/itsonlynatural/fitting-it-into-your-life/10-things-moms-can-do-while-breastfeeding.html
Penulis
DR Dr Rini Sekartini SpA K

Dokter Spesialis Anak Konsultan alumni Fakultas Kedokteran UI Jakarta dan saat ini praktek sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top