Proteksi si Kecil Lewat Imunisasi

Senin, 25 September 2017, 17:34 WIB0 Shares
Mam, perlindungan kesehatan tubuh untuk si Kecil harus selalu dipikirkan dengan matang. Mulai dari lahir hingga dewasa nanti, ia harus mendapatkan imunisasi lengkap untuk mencegah serangan penyakit. Ketahui seluruh pro dan kontra tentang imunisasi, sebagai bekal informasi yang Mam dan Pap perlukan untuk memastikan si Kecil mendapatkan perlindungan yang terbaik. Dengan memerhatikan apa yang diberikan untuk si Kecil, kita bisa memastikan sejak dini bahwa si Kecil mendapat proteksi terbaik di tubuhnya.


Menurut riwayatnya, imunisasi merupakan sebagai salah satu pencapaian kesehatan masyarakat terbesar pada abad ke-20, bahkan para ahli sepakat bahwa imunisasi adalah kunci untuk tetap sehat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, si Kecil harus diimunisasi lengkap dan harus tepat waktu. Penyakit memang tidak 100% diberantas, namun dengan perlindungan ini, si Kecil mendapat proteksi dari bahaya penyakit yang akan menyerang, sehingga tingkat bahayanya bisa dikendalikan. 


Mam dan Pap mungkin berpikir bahwa dengan sekali imunisasi dapat melindungi kesehatan tubuh si Kecil dari Tetanus, Difteri, Tipus, Pertusis, Hepatitis, dan lain-lain seumur hidup. Hal ini yang perlu diluruskan kembali, bahwa untuk menjamin efektivitasnya, imunisasi jenis tertentu perlu diulang hingga masa dewasa. Oleh sebab itu, penting bagi Mam dan Pap untuk mengecek pada daftar imunisasi yang biasanya dibagian secara gratis di klinik atau rumah sakit, kapan saatnya melakukan vaksin ulangan. 


Diketahui, ada beberapa imunisasi dasar yang diberikan saat anak berusia 0-1 tahun, yaitu Hepatitis B, BCG, DPT, Polio, Hib, dan Campak. Vaksin dasar merupakan program pemerintah, terdiri dari 3 vaksin yang harus diulang di usia balita, yaitu DPT, polio, dan campak. Sedangkan vaksin BCG dan Hepatitis B cukup diberikan pada usia kurang dari 1 tahun. 


Pengulangan vaksin, nantinya dilakukan lewat imunisasi MR (Measles - Rubella), karena selain untuk mencegah campak (Measles), juga mencegah Rubella yang juga merupakan sejenis campak. Jadi pengulangan vaksin ini sangat penting untuk kita semua. Dengan melakukan imunisasi lanjutan, kita akan memastikan bahwa imunisasi yang kita terima bekerja sesuai dengan kapasitasnya, sehingga kita bisa merasa aman dari serangan virus atau penyakit yang berbahaya. Saat ini Pemerintah sedang menyelenggarakan pemberian vaksinasi MR untuk seluruh anak mulai dari usia 9 bulan sampai 15 tahun, tanpa memperhatikan status imunisasi sebelumnya. Pemberian imunisasi ini diberikan baik di sekolah, maupun di Posyandu dan fasilitas kesehatan lainnya.


Menjaga kesehatan si Kecil sangatlah penting. Untuk mengetahui tips untuk menjaga kesehatan anak, lihatlah di sini.

‚Äč
Sumber :
http://www.immunizeforgood.com/fact-or-fiction/benefits-vs.-risks
https://www.healthlinkbc.ca/healthlinkbc-files/benefits-immunizing-your-child
http://lifestyle.kompas.com/read/2010/11/01/12324224/mengapa.imunisasi.harus.diulang

0 Komentar

Artikel Terkait

Kesehatan

Dukung Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Baca selengkapnya

Kesehatan

Gigiku Bersih dan Sehat

Baca selengkapnya

Kesehatan

Imunisasi Wajib Bagi Si Kecil

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top