Tumbuh Kembang

Saatnya Berbelanja Keperluan si Kecil

By: dr Tirsa Verani Sp OG 2018-01-04 11:34:14
Membeli perlengkapan untuk bayi yang akan lahir memang menyenangkan. Namun Mam perlu memilih pakaian dengan lebih hati-hati, mengingat kulit bayi masih sangat sensitif dan lembut. Bayi cepat sekali tumbuh dan berkembang, jadi Mam sebaiknya lebih cermat memilih pakaian yang sesuai dengan usia dan kebutuhan si Kecil.
 
Siapkan perlengkapan dasar yang akan Mam bawa ketika waktu melahirkan tiba. Persiapkan dalam koper/tas sejak janin memasuki usia siap lahir (> 37 minggu) sehingga Mam tak perlu repot ketika waktunya tiba. Belilah pakaian untuk newborn agar pas di tubuh mungil, namun tak perlu membeli terlampau banyak karena si Kecil cepat bertumbuh. Berikut adalah daftar barang-barang penting yang perlu Mam persiapkan.
  • Bayi: pakaian katun, popok/diaper, kaos kaki, sarung tangan, selimut, kain bedong, topi dan tas bayi.
  • Mam: Baju satu stel (untuk persiapan pulang), kemeja/daster berkancing depan, gurita tali dan perekat, kain panjang, BH menyusui, alat mandi, pembalut dan pakaian dalam.
Untuk keperluan sehari-hari si Kecil, Mam tentu juga ingin memberikan yang terbaik. Namun model pakaian yang lucu belum tentu aman dan sesuai dengan kebutuhan si Kecil. Sebelum berbelanja, yuk, pertimbangkan beberapa hal berikut ini agar si Kecil mendapatkan yang terbaik.
  • Cari pakaian yang berbahan dasar lembut dan terbuat dari serat alami seperti katun atau linen sehingga aman untuk si Kecil.
  • Pilih pakaian yang mudah dipakai dan dilepaskan. Hindari memilih celana yang menggunakan karet pada bagian pinggangnya, karena berisiko membuat kulit lecet.
  • Perhatikan kancing atau hook yang terdapat pada pakaian; pastikan tidak mudah lepas.
  • Hindari membeli pakaian rajut, karena jari si Kecil mudah tersangkut.
 
Sumber:
https://www.starthealthystayhealthy.in/shopping-tips-new-arrival-clothing
https://www.starthealthystayhealthy.in/shopping-tips-new-arrival-accessories
https://www.starthealthystayhealthy.in/hospital-packing-list
Penulis
dr Tirsa Verani Sp OG

Dokter Tirsa Verani K. Oroh, Sp.OG lulus Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Kebidanan dan Kandungan Fakultas Kedokteran UI Jakarta. Aktif sebagai Controversies in Obstetrics, Gynecology dan Infertility

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top