Kesehatan

Seberapa Akurat Hasil Tes Kehamilan di Rumah?

By: Myra Anastasia 2018-01-17 02:35:08 (UTC)
Tes kehamilan yang dilakukan di rumah melibatkan keberadaan hormon hCG dalam urin sebagai dasar untuk menentukan apakah Mam sedang hamil atau tidak. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan berbagai alat tes yang terdapat di toko obat atau apotek.

Mam dengan siklus mentruasi normal biasanya akan mulai bertanya bisa suatu hari terlambat menstruasi. Untuk mendapatkan kepastiannya, umumnya Mam akan membeli test pack.

Tes kehamilan bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu tes urine atau tes darah. Tes urine paling banyak dipilih karena hasilnya cepat diketahui dan bisa dilakukan di rumah. Alatnya pun mudah didapat di berbagai toko obat dan apotek. Namun, seberapa akurat hasil tes kehamilan di rumah?

Jangan terlalu dini melakukan tes kehamilan

Tunggulah sekitar 6-8 hari setelah pembuahan. Pada masa ini bila terjadi kehamilan, sel telur sudah menempel pada dinding rahim dan kadar hCG dalam aliran meningkat secara signifikan.

Ulangi kembali tes kehamilan bila hasil yang pertama negatif

Jangan langsung kecewa bila hasil tes kehamilan menunjukkan hasil negatif. Hal tersebut mungkin terjadi meski Mam sebetulnya sudah hamil. Tunggu hingga beberapa hari untuk melakukan tes kembali. Biasanya setiap 2-3 hari, kadar hCG akan meningkat secara drastis bila Mam memang hamil.

Setiap produk test pack biasanya mengklaim hasilnya paling akurat. Namun, hasil tes kehamilan ini sebetulnya bisa juga kurang akurat. Selain kadar hCG, keakuratan test pack juga bisa dipengaruhi hal-hal berikut ini:


Jangan terlalu banyak minum sesaat sebelum melakukan tes. Terlalu banyak minum akan membuat urine terlalu cair sehingga alat tes sulit untuk mendeteksi hCG.

Lakukan tes urine pertama pada pagi hari. Saat ini ada beberapa test pack yang mengklaim mampu mendapatkan hasil akurat kapan pun Mam melakukan tes kehamilan. Ada baiknya tes tetap dilakukan pada pagi hari, saat urine pertama setelah bangun tidur. Saat ini kondisi urine masih terkonsentrasi tinggi karena belum tercampur dengan air minum yang dikonsumsi sehingga kadar hCG lebih mudah terdeteksi.

Hasil dari test pack bisa Mam ketahui dengan cepat. Sekitar 5-10 menit saja. Tingkat keakuratannya pun cukup tinggi seperti melakukan tes kehamilan di laboratorium. Pastikan Mam sudah melakukan tes sesuai instruksi yang tertera pada produk test pack yang dipakai.

Hindari menggunakan produk tersebut bila sudah kedaluawarsa. Bila siklus menstruasi Mam termasuk yang tidak teratur, tunggu pemakaian alat tes kehamilan hingga 21 hari setelah Mam melakukan hubungan seks tanpa pelindung.

Jika masih ragu dengan hasil test pack di rumah yang selalu negatif padahal sudah terlambat menstruasi dan sudah melakukan tes kehamilan lebih dari satu kali, Mam bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan hasil tes lebih akurat. Di laboratorium, tes yang dilakukan tidak hanya tes urine, tetapi juga tes darah.

Bila hasil tes positif, sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter untuk memastikan keakuratan hasi tes kehamilan. Bila sudah dinyatakan positif hamil, dokter akan memberikan saran termasuk memberikan berbagai suplemen yang penting bagi ibu hamil[1] . Dokter juga akan memberikan beberapa penanganan khusus bila diperlukan agar selama kehamilan tetap terjaga dengan baik.
 
Other Sources:
mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/home-pregnancy-tests/art-20047940?pg=2
 https://www.starthealthystayhealthy.in/how-authentic-confirming-pregnancy-home
Penulis
Myra Anastasia

Seorang mom blogger dengan dua anak (Keke dan Nai) yang gemar jalan-jalan bersama keluarga dan memasak. Ia membagikan pengalaman bersama keluarga dalam blognya. Selain didominasi pengalaman perjalanan keluarga dan keseharian kedua anaknya yang menggemaskan, ia juga berbagi tentang tips parenting seputar kegiatan kreativitas bersama anak serta metode belajar dan sekolah kedua anaknya.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top