Lima Makanan Sehat untuk Anak Usia 1 Sampai 2 Tahun

Kamis, 11 Juni 2015, 00:00 WIB
Dalam masa perkembangan fisik, si kecil memerlukan asupan nutrisi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Asupan nutrisi yang baik tidak hanya memberikan manfaat sehat tapi juga perkembangan otak anak. Berikut lima makanan sehat untuk anak yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh si kecil. Simak baik-baik ya, Mam.

5 Makanan Sehat untuk Anak 1 & 2 Tahun yang Wajib Anda Tahu

Roti gandum

Roti gandum adalah sumber makanan pemberi energi. Roti gandum juga direkomendasikan sebagai makanan sehat untuk anak 2 tahun karena kaya serat dan rendah gula. Sajikan roti gandum isi kacang untuk sarapan si kecil yang menyehatkan. Kebaikan lemak tak jenuh dalam roti gandum akan memberikan tenaga bagi aktivitas si kecil seharian.
 

Yogurt

Yogurt adalah salah satu sumber protein dan kalsium untuk si kecil. Karena itu, yogurt kerap dianjurkan sebagai makanan sehat untuk anak 1 tahun. Yogurt juga mengandung bakteri baik bernama acidophilus yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Satu cup yogurt atau 254 gram mengandung 13 gram protein dan 447 mg kalsium.
 

Salmon

Sudah banyak dikenal sebagai makanan otak, salmon dan tuna adalah ikan dengan nutrisi super yang berperan dalam perkembangan otak anak. Menurut the American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi 5 ons salmon setiap minggu dapat menyehatkan tubuh serta kulit karena memberikan perlindungan terhadap bahaya sinar UV dan radikal bebas.
 

Blueberry

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada American Journal of Clinical Nutrition menyatakan mengonsumsi buah berry paling tidak 1 cup dalam sehari, seperti stroberi, raspberry dan blueberry dapat menurunkan tekanan darah dan menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kebaikan nutrisi pada blueberry dapat melindungi si kecil dari ancaman alergi dan penularan virus.
 

Semangka

Buah kaya air ini memberikan kebaikan vitamin C yang mengandung antioksidan dan lycopene yang membantu meningkatkan daya imun tubuh si kecil. Vitamin C juga dapat melindungi si kecil dari ancaman bakteri jahat serta virus. Buah yang mengandung 92 persen air ini juga baik dikonsumsi sebagai pengganti cairan tubuh agar tidak rentan mengalami dehidrasi.
 
Itulah beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh si kecil. Bagaimana, Mam sudah siap untuk menambahkan aneka makanan tersebut di daftar menu sehat keluarga? Pastikan selalu ada di dapur ya, Mam. (aw/ay)

Sumber:
http://www.eatingwell.com/nutrition_health/nutrition_news_information/5_foods_you_should_be_eating_for_your_best_body_inside_and_out?page=3 diakses pada 31 Desember 2014 

 

0 Komentar

Artikel Terkait

Kesehatan

Tip Menuju Kehamilan Sehat

Baca selengkapnya

Kesehatan

Merencanakan Babymoon: Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?

Baca selengkapnya

Kesehatan

Mengapa Ibu Hamil Sering Merasa Lelah?

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top