Lima Makanan Sehat untuk Anak Usia 1 Sampai 2 Tahun

Kamis, 11 Juni 2015, 00:00 WIB
Dalam masa  perkembangan fisik si kecil, dia memerlukan asupan nutrisi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Asupan nutrisi yang baik tidak hanya memberikan manfaat sehat tapi juga perkembangan otak anak. Berikut ini adalah lima makanan  yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh si kecil. Simak baik-baik ya, Mam.
 
Salmon
Sudah banyak dikenal sebagai makanan otak, salmon dan tuna adalah ikan dengan nutrisi super yang berperan dalam perkembangan otak anak. Menurut the American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi 5 ons salmon setiap minggu dapat menyehatkan tubuh serta kulit karena memberikan perlindungan terhadap bahaya sinar UV dan radikal bebas.
 
Blueberry
Sebuah penelitian yang diterbitkan pada American Journal of Clinical Nutrition menyatakan mengonsumsi buah berry paling tidak 1 cup dalam sehari, seperti stroberi, raspberry dan blueberry dapat menurunkan tekanan darah dan menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kebaikan nutrisi pada blueberry dapat melindungi si kecil dari ancaman alergi dan penularan virus.
 
Semangka
Buah kaya air ini memberikan kebaikan vitamin C yang mengandung antioksidan dan lycopene yang membantu meningkatkan daya imun tubuh si kecil. Vitamin C juga dapat melindungi si kecil dari ancaman bakteri jahat serta virus. Buah yang mengandung 92 persen air ini juga baik dikonsumsi sebagai pengganti cairan tubuh agar tidak rentan mengalami dehidrasi.
 
Roti gandum
Roti gandum adalah sumber makanan pemberi energi yang direkomendasikan untuk si kecil karena kaya serat dan  rendah gula. Sajikan roti gandum isi kacang untuk sarapan si kecil yang menyehatkan dan kaya akan kebaikan lemak tak jenuh yang memberikan tenaga bagi si kecil beraktivitas seharian.
 
Yogurt
Yogurt adalah salah satu sumber protein dan kalsium untuk si kecil. Satu cup yogurt atau 254 gram mengandung 13 gram protein dan 447 mg kalsium. Yogurt juga mengandung bakteri baik bernama acidophilus yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
 
Itulah beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh si kecil. Bagaimana, Mam sudah siap untuk menambahkan aneka makanan tersebut di daftar menu sehat keluarga? Pastikan selalu ada di dapur ya, Mam. (aw/ay)

Sumber:
http://www.eatingwell.com/nutrition_health/nutrition_news_information/5_foods_you_should_be_eating_for_your_best_body_inside_and_out?page=3 diakses pada 31 Desember 2014 

 

0 Komentar

Artikel Terkait

Tumbuh Kembang

80% Otak Terbentuk di 2 Tahun Pertama si Kecil

Baca selengkapnya

Tumbuh Kembang

3 Periode Penting Perkembangan Anak Usia Dini

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

Pentingnya Sarapan untuk Anak

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top