Kesehatan

Serunya Menyiapkan Kamar untuk Si Kecil

By: Ayunda Pininta Kasih 2017-02-12 21:59:32 (UTC)
Kesenangan menanti kehadiran si Kecil memang tak terkira ya, Mam. Itu sebabnya, kegiatan menyiapkan keperluan bayi, seperti belanja kebutuhan bayi hingga penataan kamar, dapat membuat Mam gembira dan terhindar dari stres yang muncul selama melakukan persiapan melahirkan lainnya. Namun, menata kamar untuk bayi tak sekadar membeli dan meletakkan perabot, tapi juga menciptakan tempat yang nyaman dan aman untuk si Kecil. Berikut beberapa tips menata kamar bayi yang aman dan nyaman:
 
Sirkulasi udara yang baik
Ventilasi yang cukup akan memudahkan masuknya sinar matahari dan pertukaran udara dalam ruang sehingga membuat ruangan tetap sehat.

Warna yang menenangkan
Ada banyak kegiatan yang nantinya akan Mam dan Pap lakukan di kamar bayi, seperti menimang, mengganti popok, hingga menyusui. Warna yang menenangkan akan membuat Mam jauh lebih rileks dalam melakukan perawatan si Kecil.

Barang yang aman
Pilih barang dengan bahan yang aman bagi bayi, seperti sarung bantal, selimut, atau boneka dengan serat kain yang tidak mudah buyar karena ditakutkan akan mengganggu pernapasan bayi. Hindari juga barang dengan sudut tajam untuk mencegah si Kecil cidera jika mengenainya saat ia sudah mulai merangkak dan mengeksplorasi ruang.


Nah, setelah Mam dan Pap melakukan tips aman dan nyaman dalam menata ruang bayi, kini saatnya membeli perabot sesuai dengan kebutuhan. Tak jarang Mam yang menjadi kalap saat melakukan persiapan melahirkan yang satu ini dengan alasan semua perabot bayi terlihat lucu. Padahal, akan sangat disayangkan bila ternyata perabot tersebut sama sekali tak terpakai. Berikut beberapa perabot yang dibutuhkan untuk menata kamar bayi yang ideal namun tetap efisien:
 
  1. Boks bayi. Walau di awal kehidupannya si Kecil akan tidur bersama Mam, kehadiran boks bayi dapat membuat si Kecil aman saat harus tidur sendiri di siang hari. Mam juga lebih leluasa untuk beraktivitas tanpa khawatir si Kecil akan jatuh. Pilih boks bayi dengan ukuran yang lebih besar dengan tiang yang kokoh agar bisa lebih lama digunakan.
  2. Lemari. Hindari lemari dengan ukuran yang kecil. Tak hanya pakaian, namun Mam juga bisa menggunakannya sebagai tempat menyimpan hadiah yang belum bisa terpakai sehingga kamar si Kecil tetap rapi.
  3. Tempat sampah dengan tutup untuk membuang popok maupun tisu bekas pakai.
  4. Bangku untuk menyusui. Dengan segala dekorasi lucu khas si Kecil, kamar bayi dapat membawa ketenangan bagi Mam, sehingga kegiatan menyusui jadi lebih menyenangkan.
 
Selamat menata kamar si Kecil ya, Mam. Agar persiapan melahirkan Mam berjalan lancar hingga persalinan, baca juga tipsnya di laman ini, ya



Sumber:
ayahbunda.co.id/kelahiran-gizi-kesehatan/merancang-dan-menata-kamar-bayi
family.fimela.com/bayi-balita/tumbuh-kembang/tip-membuat-kamar-bayi-bebas-kuman-dan-nyaman-130218d-page1.html
tabloidnova.com/Keluarga/Anak/Menata-Kamar-Bayi
Diakses pada 13 Oktober 2016
Penulis
Ayunda Pininta Kasih

Pengalaman menjalani profesi sebagai jurnalis di media nasional, majalah CHIC, tabloid Nakita, dan Kompas.com, membuat Ayunda dekat dengan dunia penulis, perempuan, kesehatan, maupun kehamilan. Memilih untuk menjadi penulis lepas setelah kelahiran putri pertamanya, lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD and Best Employee of Kompas Gramedia 2013 ini sedang menikmati kehidupan barunya sebagai work at home Mam.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top