Tumbuh Kembang

Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi

By: DR Dr Rini Sekartini SpA K 2018-01-02 23:52:11 (UTC)
Masa tumbuh gigi merupakan fase perkembangan si Kecil yang bisa bervariasi waktu dan tahapannya. Banyak tanda-tanda yang terjadi saat si Kecil mulai akan tumbuh gigi karena pada dasarnya mereka sudah mulai mengembangkan pertumbuhan gigi sejak dalam kandungan. Namun gigi pertama baru mulai muncul biasanya saat si Kecil akan memasuki usia enam bulan. Gigi yang muncul lebih awal atau lebih cepat daripada rata-rata bukan berarti bahwa ia lebih "maju" atau "terbelakang”. Karena waktu mulainya yang bervariasi ini, Mam dan Pap harus lebih memperhatikan pola dan ciri-ciri awal saat si Kecil mulai tumbuh gigi agar mereka bisa melewatinya dengan nyaman.
 
Rata-rata, si Kecil mulai tumbuh gigi pada sekitar enam bulan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pola makan dan pengenalan makanan padat. Proses tumbuh gigi berlanjut sampai usia tiga tahun dan jumlahnya sekitar 20 buah. Di antara semua gigi, saat tumbuh gigi taring, yang biasanya terjadi pada usia sekitar 15-18 bulan, adalah yang paling menyakitkan dan membuat si Kecil tidak nyaman.
 
Meski belum terlihat, Mam dapat mengetahui bahwa si Kecil mulai tumbuh gigi dengan mengenali ciri-ciri umum. Ciri-ciri ini biasanya dapat dilihat ketika si Kecil suka memasukkan dan menggigiti benda yang dipegangnya, mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya, lebih rewel dari biasanya akibat gusi terasa nyeri atau bengkak, sulit tidur nyenyak, atau tidak mau makan.
 

Agar si kecil merasa lebih nyaman,  Mam dan Pap bisa memijat gusi si Kecil dengan memberi tekanan yang sangat ringan menggunakan  jari yang bersih. Bila perlu, mintalah pada dokter gel dingin untuk meringankan rasa sakit. Mam dan Pap juga bisa mencoba untuk menenangkannya dengan memberi makanan dingin.
 
Mam dan Pap juga harus memastikan benda-benda yang digunakan si Kecil untuk meredakan rasa tidak nyaman mereka tetap bersih dan aman. Meskipun tumbuh gigi menyebabkan berbagai macam ketidaknyamanan pada si Kecil, mereka tidak berhubungan dengan demam, muntah atau diare. Semua ini mungkin tanda infeksi yang diakibatkan oleh kurangnya kebersihan, sehingga tidak disebabkan oleh tumbuh gigi. Saat tumbuh gigi, si Kecil bisa saja terkena infeksi dalam usaha mengunyah segala sesuatu yang dipegangnya. Satu-satunya cara untuk bisa mencegahnya adalah dengan menggunakan teethers atau mainan kunyah yang sudah disterilisasi.
 
Setelah mereka mulai tumbuh gigi, Mam dan Pap bisa memperkenalkan si Kecil dengan sikat gigi. Ajari si Kkecil untuk menyikat gigi mereka setidaknya dua kali sehari. Penting juga untuk menjadwalkan pemeriksaan gigi untuk si kecil saat mereka mulai memasuki usia satu tahun. Memastikan kebersihan gigi yang baik sejak dini membantu si Kecil mendapatkan gigi yang sehat. Selain itu, Mam dan Pap juga bisa mulai membatasi konsumsi gula berlebih dalam makanan mereka untuk menghindari kerusakan gigi.
 
Sumber :
https://www.starthealthystayhealthy.in/all-about-teething
http://www.parents.com/baby/health/baby-teeth/baby-first-teeth/
https://www.babycenter.com/0_teething-your-babys-first-teeth_11243.bc
https://www.starthealthystayhealthy.in/baby-teething-symptoms
Penulis
DR Dr Rini Sekartini SpA K

Dokter Spesialis Anak Konsultan alumni Fakultas Kedokteran UI Jakarta dan saat ini praktek sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top