Kesehatan

Siap menjadi Mam dan Pap

By: dr Tirsa Verani Sp OG 2018-01-03 23:15:53 (UTC)
Menjadi seorang Mam dan Pap merupakan fase kehidupan baru yang akan membawa banyak perubahan bagi keluarga. Tidak hanya Mam yang bersiap untuk menghadapi persalinan, tetapi Pap juga turut berperan untuk membantu agar persalinan berjalan lancar dan ia dapat membesarkan si Kecil dengan penuh cinta dan tanggung jawab. Yuk ikut kelas-kelas persiapan kelahiran bersama pasangan! Jangan lupa untuk selalu konsultasikan dengan dokter Mam sebelum mengikuti kelas senam hamil, hypnobirthing, ataupun kelas Lamaze. 
  • Kelas senam hamil

    Kelas senam hamil umumnya tersedia di rumah sakit, terutama rumah sakit bersalin. Senam ini membantu Mam untuk lebih fit saat persalinan. Di senam ini juga diajarkan gerakan-gerakan yang akan mempercepat proses persalinan, teknik pernapasan, teknik mengejan dan latihan untuk mengurangi keluhan hamil. 

  • Kelas hypnobirthing

    Mam biasanya disarankan untuk mengikuti kelas ini bersama dengan Pap. Kelas ini mengajak Mam untuk siap secara mental menghadapi persalinan. Hypnobirthing adalah metode relaksasi agar kehamilan berjalan dengan sehat, tenang, lancar dan minim rasa sakit. Hypnobirthing juga bermanfaat untuk membantu kelancaran ASI, menghindari baby blues dan membantu mengedukasi Mam dan Pap soal pengasuhan anak.

  • Kelas Lamaze

    Metode Lamaze membantu Mam untuk dapat melahirkan dengan cara normal, membantu menjalani persalinan lebih percaya diri dan nyaman. Lamaze juga dilakukan bersama pasangan sebagai dukungan selama persalinan. Metode ini mengajarkan mengenai posisi saat melahirkan, pijat, aromaterapi, teknik pernapasan, teknik mendorong dan mengejan. Metode ini menghindari intervensi medis dan obat-obatan saat melahirkan.

  • Kelas breastfeeding

    Setelah melahirkan Mam akan menemui tantangan baru, yaitu ketika memberikan ASI untuk si Kecil. Kelas ini membantu Mam untuk mendapatkan posisi terbaik saat menyusui sehingga tidak menimbulkan luka pada puting yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat menyusui. Mam juga akan mempelajari cara memijat payudara dan contoh makanan bernutrisi yang mampu membantu produksi ASI yang lebih banyak dan berkualitas.

  • Kelas Parenting

    Kelas ini banyak pilihannya, mulai dari belajar merawat bayi baru lahir yang umumnya disediakan oleh rumah sakit, sampai kelas parenting dengan materi cara membesarkan anak. Kelas ini penting untuk diikuti Mam dan Pap agar memiliki kesamaan visi saat membesarkan dan mendidik si Kecil. Dengan pola asuh yang sama, maka diharapkan tumbuh kembang si Kecil menjadi lebih optimal.

 
Sumber:
  • https://www.starthealthystayhealthy.in/lamaze-getting-ready-birth
  • https://www.starthealthystayhealthy.in/third-trimester
  • http://magazine.orami.co.id/mengenal-sekolah-parenting-untuk-orang-tua/
Penulis
dr Tirsa Verani Sp OG

Dokter Tirsa Verani K. Oroh, Sp.OG lulus Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Kebidanan dan Kandungan Fakultas Kedokteran UI Jakarta. Aktif sebagai Controversies in Obstetrics, Gynecology dan Infertility

Kesehatan

Olahraga Untuk Atasi Keluhan Kehamilan

By: dr Tirsa Verani Sp OG 2018-01-03 21:11:23 (UTC)
Keputusan untuk menjalani kehamilan merupakan keputusan yang besar bagi seorang wanita. Persiapan mental dan kesehatan tentu harus diperhatikan. Seiring dengan bertumbuhnya buah hati di dalam perut calon Mam, masalah yang ia hadapi akan lebih dari sekedar perubahan bentuk tubuh. Berikut adalah beberapa masalah yang kerap dikeluhkan Mam saat menjalani kehamilan:
  • Sembelit. Hal ini terjadi akibat mengendurnya otot usus, sehingga memperlambat laju makanan dan menyebabkan konstipasi. Atasi dengan mengonsumi banyak cairan tanpa kafein dan makanan yang kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Kram kaki. Kram kaki kerap terjadi di trimester akhir kehamilan, umumnya terjadi pada malam hari dan sangat menganggu kenyamanan Mam. Lakukan olah raga ringan secara rutin atau stretching sebelum tidur.
  • Nyeri ulu hati. Sensasi terbakar di area tengah dada muncul karena berat badan bayi menekan perut dan usus sehingga asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi tersebut. Atasi dengan makan dalam jumlah sedikit namun sering, hindari makanan pedas dan hindari berbaring minimal satu jam setelah makan.
  • Kaki bengkak. Saat hamil, kaki cenderung lebih bengkak karena perubahan hormon, selain itu tubuh juga lebih banyak menyimpan cairan untuk Mam dan buah hati. Terlalu banyak berdiri di siang hari juga menyebabkan kaki menjadi lebih bengkak di malam hari. Sandarkan kaki ke dinding dengan posisi lebih tinggi dari dada Mam, untuk mengurangi keluhan ini.
Olah raga saat hamil sangat membantu mengurangi berbagai keluhan. Mam akan merasakan manfaatnya berupa tidur malam yang lebih nyenyak, membuat suasana hati menjadi lebih baik, meningkatkan level energi, dan menambah tenaga untuk persalinan kelak.


Salah satu olah raga yang disarankan untuk Mam yang tengah hamil adalah yoga prenatal. Yoga prenatal diyakini mampu mengurangi masalah komplikasi selama kehamilan dan beragam keluhan saat hamil, karena yoga prenatal menitikberatkan pada tiga hal, yaitu:
  • Gentle stretching, berupa peregangan ringan seperti menggerakan tubuh, lengan dan anggota tubuh lainnya untuk menghindari otot kaku.
  • Breathing method, melatih Mam untuk bernafas dengan dalam dan panjang yang akan sangat membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan kelak.
  • Relaxation techniques, ini adalah sesi akhir yoga yang mengajak Mam untuk berfokus pada otot-otot yang tegang dan melemaskannya, sehingga setelah selesai yoga Mam akan merasa lebih segar dan lebih positif.
Sumber:
https://www.starthealthystayhealthy.in/swelling
https://www.starthealthystayhealthy.in/why-you-should-exercise-during-pregnancy
https://www.starthealthystayhealthy.in/yoga-during-pregnancy
Penulis
dr Tirsa Verani Sp OG

Dokter Tirsa Verani K. Oroh, Sp.OG lulus Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Kebidanan dan Kandungan Fakultas Kedokteran UI Jakarta. Aktif sebagai Controversies in Obstetrics, Gynecology dan Infertility

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top