Info Nutrisi

Siapkan Nutrisi yang Dukung Pintarnya si Kecil

By: DR Dr Rini Sekartini SpA K 2017-10-24 21:07:51 (UTC)
Mam dan Pap tentu ingin mempersiapkan yang terbaik untuk si Kecil; dari kebutuhan sandang, perencanaan pendidikan, juga kelengkapan asupan bernutrisinya setiap hari. Apa saja sih, ragam nutrisi yang membantu mendukung pintarnya si Kecil? Berikut penjelasannya.
 
Di usia pertumbuhannya, si Kecil membutuhkan berbagai jenis nutrisi yang tidak saja bermanfaat untuk tubuhnya, tetapi juga perkembangan otaknya. Layaknya spons yang memiliki kemampuan menyerap dengan cepat, otak anak-anak pun menyerap berbagai informasi yang ada di sekitarnya dengan cepat, dan itu membutuhkan energi yang mencukupi dan dukungan nutrisi yang tepat. Di antara berbagai nutrisi yang ada, yang terpenting untuk mendukung fungsi dan perkembangan otak adalah sebagai berikut:
  1. Telur

    Anak-anak biasanya tak sulit menyantap telur; dibuat omelet atau orak-arik yang gurih, telur rebus, atau dicampur ke dengan masakan seperti sup, si Kecil tentu menyukainya. Telur baik untuk pertumbuhan otak karena kaya protein, juga kaya kolin, yaitu zat yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan dan fungsi otak.  Per minggu, rata-rata 5 butir telur cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. 

  2. Sayuran hijau

    Sayuran berdaun dan berwarna hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, sawi, dan kale kaya akan folat dan vitamin, yang dibutuhkan oleh otak. Bila si Kecil tak menyukainya, siasati saja dengan menyelipkannya di dalam omelet atau sandwich gulung, atau olah dalam bentuk smoothie yang segar.

  3. Produk olahan susu, terutama yogurt

    Yogurt adalah sumber protein dan vitamin B yang baik, yang dapat membantu menjaga kondisi dan mendukung pertumbuhan jaringan otak. Yogurt juga baik untuk fungsi pencernaan karena mengandung probiotik. Bekukan yogurt di dalam lemari es, si Kecil pasti senang menyantapnya seperti es krim. 

  4. Ikan

    Ikan sejak lama dianggap sebagai “makanan super” untuk otak, karena merupakan sumber vitamin D dan asam lemak omega 3. Pilih ikan yang berkualitas baik, seperti salmon, sarden, atau tuna. Sebaiknya berikan ikan segar, bukan dalam bentuk olahan ya, Mam. Untuk memaksimalkan manfaatnya, sajikan 2-3 kali menu berbahan ikan setiap minggu untuk anak-anak. 

  5. Buah berry

    Antioksidan dapat menjaga tubuh dan otak dari pengaruh radikal bebas yang dapat merusak sel-sel. Nutrisi ini banyak terkandung di dalam buah beri-berian, seperti strawberry, blueberry, juga arbei (raspberry). Selain itu, buah jenis ini juga kaya vitamin C yang baik untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Tambahkan buah-buahan ini dalam smoothie, milkshake, atau sereal sarapan anak-anak dalam porsi wajar, yaitu sekitar 1 sendok makan. 

Berbeda dengan orang dewasa, mungkin anak-anak perlu beradaptasi dalam menyantap makanan-makanan ini, terutama sayuran hijau. Perkenalkan secara bertahap, sedikit demi sedikit, sampai si Kecil bisa benar-benar bisa menikmati aneka “brain food” yang dibutuhkannya. Pastikan juga rasa sajiannya enak ya, Mam, agar si Kecil makin mudah menikmatinya. 
 
Sumber:
http://www.momjunction.com/articles/foods-boost-kids-brain-power_0075739/#gref
http://www.whattoexpect.com/toddler-nutrition/brain-food-for-kids.aspx
http://www.parenting.com/blogs/mom-congress/melissa-taylor/brain-foods-kids-and-adults
Penulis
DR Dr Rini Sekartini SpA K

Dokter Spesialis Anak Konsultan alumni Fakultas Kedokteran UI Jakarta dan saat ini praktek sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Info Nutrisi

Nak, Yuk Makan Serat Agar Sehat

By: DR Dr Rini Sekartini SpA K 2017-10-24 00:18:56 (UTC)
 
Serat banyak terkandung dalam buah dan sayuran. Namun seperti kita ketahui, anak-anak sering kali tidak menyukai bermusuhan dengan jenis makanan ini. Meski demikian, serat tidak bisa diabaikan begitu saja dalam kompisisi nutrisi harian si Kecil. Menurut Angka Kecukupan Gizi untuk anak Indonesia usia 4-6 tahun setidaknya dibutuhkan 22g serat per orang per hari.
 
Serat sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Makan makanan kaya serat juga membantu si Kecil memiliki kebiasaan pola makan baik yang akan mengurangi risiko penyakit diabetes, jantung, obesitas dan juga kolesterol. Serat juga dapat membantu si Kecil berkonsentrasi lebih lama, karena serat membuat perut terasa penuh lebih lama, oleh sebab itu meski bermanfaat pemberian serat pada si Kecil juga sebaiknya tidak berlebihan karena perut akan cepat penuh dan tidak menyisakan ruang untuk makanan lainnya sementara dalam masa pertumbuhan si Kecil masih membutuhkan makanan yang bervariasi dan aneka gizi. 

 
Ada dua bentuk serat, yakni serat larut seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dan serat tidak larut seperti gandum utuh dan oat. Si Kecil umumnya lebih menyukai makanan manis sehingga pemberian serat dari buah menjadi lebih mudah. Setidaknya berikan si Kecil lima porsi buah dan sayuran dalam sehari, namun sesuaikan  porsinya sesuai keinginan anak. Berikan sedikit dahulu, lalu semakin lama semakin banyak. Untuk gandum dan biji-bijian, Mam bisa siasati dengan memberikannya dalam bentuk roti dan pasta. Untuk memecah kebosanan dan menarik minat si Kecil, Mam bisa berikan makanan kaya serat dalam bentuk seperti berikut ini:
 
  • Buatkan sandwich dari roti gandum dengan isian telur atau daging sesuai selera si Kecil. 
  • Buat smoothie dengan campuran buah, seperti stroberi, pisang dan lain sebagainya. 
  • Berikan cemilan berupa keripik buah atau sayuran kering dengan rasa manis dan gurih alami. 
  • Masukkan brokoli atau wortel sebagai campuran nugget atau bakso, untuk mensiasati si Kecil yang enggan makan sayur. 
  • Gunakan buah sebagai campuran puding jelly yang terbuat dari konyaku atau agar-agar yang juga kaya serat. 


Dapatkan berbagi tips menarik lainnya dengan berkunjung ke sini

Sumber:
https://klinikgizi.com/2014/10/02/kebutuhan-gizi-dan-nutrisi-anak-usia-di-bawah-5-tahun/
http://www.ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/beri-balita-makanan-berserat
http://gizi.depkes.go.id/download/Kebijakan%20Gizi/Tabel%20AKG.pdf
Penulis
DR Dr Rini Sekartini SpA K

Dokter Spesialis Anak Konsultan alumni Fakultas Kedokteran UI Jakarta dan saat ini praktek sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top