Smart Parenting Workshop: Kenali Perilaku Anak di Usia Prasekolah

Selasa, 05 September 2017, 14:37 WIB24 Shares
Pertumbuhan dan perkembangan si Kecil sangat pesat dalam lima tahun pertama usianya. Tak heran periode usia dini (0-6 tahun) sering disebut sebagai fase periode emas bagi pertumbuhan anak.

Dalam dua tahun pertama usia anak, otaknya tumbuh hingga 80 persen ukuran otak orang dewasa. Ketia ia memasuki usia 5 tahun, pertumbuhan otaknya mencapai 90%. Pada fase ini, sekitar 85% kecerdasan dan kepribadiannya juga telah terbentuk. Karena itu, jangan heran, Mam, jika saat memasuki usia prasekolah si Kecil terlihat lebih pintar, mandiri, dan percaya diri. 

Pada masa ini, biasanya si Kecil sudah bisa menunjukkan jenis kepintaran tertentu. Orang tua bisa mendeteksinya antara lain melalui minat serta kegiatan kesukaan si Kecil. Untuk mengenali kepintaran si Kecil lebih lanjut, Mam dan Pap dapat memanfaatkan fitur Smart Strength Finder di Parenting Club by Wyeth Nutrition.

Kenali Kesiapan Si Kecil Masuk Sekolah
Dalam usia prasekolah, Mam dan Pap juga dapat mengevaluasi kesiapannya memasuki masa sekolah. Selain faktor kepintaran (kesiapan kognitif), hal lain yang juga menentukan kesiapan si Kecil masuk sekolah yaitu kesiapan fisik, emosional, dan sosial.

Kesiapan emosional dan sosial antara lain tercermin dari perilaku anak. Perilaku adalah kemampuan memahami dan bertindak bijaksana dalam menghadapi atau berhubungan dengan orang lain. Banyak orang tua kebingungan menghadapi perilaku anaknya yang dianggap “bermasalah”. Padahal, perilaku normal setiap anak bisa saja berbeda karena tergantung usia, kepribadian, serta perkembangan fisik dan emosionalnya.

Untuk mengembangkan kepribadian anak dalam periode emasnya, Mam perlu menyinergikan kepintaran si Kecil. Langkah ini sekaligus dapat membantu menyeimbangkan kepintaran dan perilaku anak. Sinergi kepintaran dapat mengembangkan kepintaran Akal, Fisik, dan Sosial si Kecil. Melalui sinergi kepintaran, si Kecil dapat tumbuh menjadi anak yang pintarnya beda dan kelak memiliki masa depan penuh kesuksesan.

Sinergikan Kepintaran Si Kecil
Yuk, cari tahu cara menyinergikan kepintaran si Kecil di Smart Parenting Workshop 3 “Kenali Perilaku Anak di Usia Prasekolah” yang akan diadakan di lima kota (Jakarta, Makassar, Pekanbaru, Surabaya, dan Bandung).
 

NO

AREA

HOTEL

EXPERTS

ON EVENT

1

Jakarta

Hotel Haris

DR. Dr. Rini Sekartini SpA(k)

3 Sept 17

2

Makassar

Novotel

Dr. Mei Neni Sitaresmi SpA(k)

16 Sept 17

3

Pekan Baru

Hotel Grand Sentral

Dr. Fitri Hartanto, SpA(k)

30 Sept 17

4

Surabaya

Hotel Sheraton

Dr. Eddy Fadlyana, SpA(k), Mkes

7 Oct 17

5

Bandung

Four Point Hotel

Dr. Eddy Fadlyana, SpA(k), Mkes

14 Oct 17


Akan hadir sebagai pembicara dalam workshop di Jakarta, DR Dr Rini Sekartini Sp A(K). Beliau akan membantu Mam dan Pap mengidentifikasi beberapa perilaku si Kecil, serta cara menghadapinya dengan tepat. Mam dan Pap juga bisa mendapat informasi mengenai bagaimana mengenali berbagai jenis kepintaran si Kecil serta cara menyinergikannya. Mam dan Pap akan dipandu mengenali perilaku si Kecil dalam usia prasekolah; apakah perkembangannya sudah sesuai tahapan usianya dan apakah ia sudah betul-betul siap memasuki fase sekolah.

Workshop ini juga akan diramaikan ventriloquist (ahli suara perut) kenamaan, Budi Haha. Ia akan menghibur si Kecil sebagai story teller dan memberikan sejumlah stimulasi yang menyenangkan. Mam dan Pap bersama si Kecil dapat melihat langsung keahliannya membuat suara seolah-olah berasal dari sesuatu atau orang lain, yang tentunya sangat menghibur.

Info lebih lanjut mengenai Smart Parenting Workshop 3, Mam dan Pap bisa menghubungi hotline 0819-0506-9555. Undangan untuk acara ini sangat terbatas, lho. Jadi, segera daftar sekarang juga agar tidak kehabisan!

Source:
  • larrycuban.files.wordpress.com/2013/04/brain_dev_and_early_learning.pdf
  • parentingclub.co.id/smart-stories/sinergi-kepintaran-apa-itu 
  • nova.grid.id/Keluarga/Anak/Tanda-Tanda-Anak-Siap-Masuk-Tk?page=2 
  • parentingclub.co.id/smart-stories/perilaku-anak

0 Komentar

Artikel Terkait

Cara Mengasuh

Bijak Sikapi Stereotip Gender

Baca selengkapnya

Cara Mengasuh

Berbagi Tugas, Harus Itu!

Baca selengkapnya

Cara Mengasuh

Hindari Stres Mam… (Happy Mam, Happy Baby)

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top