Tumbuh Kembang

Stimulasi tepat bantu jadikan #pintarnyabersinar

By: Wyeth Nutrition 2016-11-16 14:18:45

Dukung kepintaran si Kecil dengan stimulasi yang tepat. Ikuti kompetisi #pintarnyabersinar dan menangkan iPhone 7 Plus serta hadiah menarik lainnya. Temukan caranya di sini! 

Setiap orangtua selalu menginginkan yang terbaik untuk sang buah hati. Yuk, berikan si Kecil dukungan yang terbaik dengan mengikuti kompetisi #pintarnyabersinar. Kompetisi ini mengajak para orangtua dan anak melakukan aktivitas 21 Days Smart Stimulations sesuai dengan kepintarannya. Selama 21 hari, peserta diminta melakukan aktivitas yang beragam dan diharapkan bisa menjadi sebuah kebiasaan untuk mengoptimalkan potensi dan membuat kepintarannya semakin bersinar. 

Sebelum memberikan stimulasi, pastikan Anda sudah mengenali kepintaran yang dimiliki si Kecil. Setiap anak memiliki kepintaran yang berbeda. Begitu pun, Anda dan si Kecil. Gunakan Smart Strength Finder Tool, salah satu fitur yang terdapat dalam Parenting Club untuk membantu Anda mengenali kepintarannya. Fitur ini dirancang khusus oleh Dr. Thomas Armstrong, Ph.D, Executive Director di America Institute for Learning and Human Development yang juga seorang penulis, pembicara, dan pakar pendidikan.


Setelah mengenali kepintaran si Kecil, Anda bisa download modul 21 Days Smart Stimulations sesuai dengan kepintarannya dan melakukan rangkaian aktivitas tersebut. Modul ini ditulis oleh dr. Andyda Meliala, seorang dokter dan praktisi perkembangan anak yang berbasis pada plastisitas otak dan kepintaran majemuk. Jika ingin mengikuti kompetisi ini, Anda diwajibkan untuk mengabadikan si Kecil saat melakukan aktivitas dan upload di Instagram dengan mention @parentingclubid. Terdapat empat tema foto yang harus Anda upload, yaitu:
  1. Parents Support, saat bersama orang tua 
  2. Smart Playdate, saat si Kecil bersama teman-teman 
  3. Learning at Home, saat si Kecil berada di rumah 
  4. Nature’s Bestfriend, saat berada di luar ruangan.

 


Selain bermanfaat mendukung kepintaran si Kecil, kompetisi ini menawarkan Grand Prize menarik yaitu sebuah iPhone 7 Plus, 200 point rewards serta merchandise untuk peserta dengan foto yang paling kreatif. Dapatkan juga kesempatan memenangkan voucher belanja bernilai total jutaan rupiah serta merchandise menarik untuk puluhan orang dengan foto yang kreatif.
 

Kebiasaan positif harus dimulai secara bertahap. Dimulai dari kegiatan ringan dalam 21 Days Smart Stimulations yang dilakukan secara terus-menerus, diharapkan si Kecil akan memiliki bukan hanya kepintaran namun juga kepribadian yang bersinar. Tertarik untuk mengikuti kompetisi ini? Yuk, mulai bantu mengoptimalkan kepintarannya mulai dari sekarang. Lihat cara mengikuti kompetisi selengkapnya di Syarat dan Ketentuan.  

Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Tumbuh Kembang

7 Tahap Perkembangan Motorik Anak

By: Wyeth Nutrition 2018-01-19 14:41:07
Pertumbuhan si Kecil yang begitu cepat kerap membuat Mam dan Pap kagum. Pertumbuhan fisik dan kekuatannya pun bertambah dengan meningkatnya kecerdasan motor kasar dan halusnya. Perkembangan motorik ini sangat penting karena berhubungan dengan pengendalian gerak tubuh yang terkoordinasi antara susunan syaraf, otot, otak, dan spinal cord. Motor kasar berhubungan dengan gerakan otot besar yang menunjukkan kemampuan si Kecil dalam berlari, melompat, duduk, dan lain sebagainya. Motorik halus berhubungan dengan gerak otot-otot kecil seperti jari-jemari tangan yang dapat dipelajari seperti memindahkan benda, mencoret-coret, dan menyusun balok. Berikut  7 tahapan perkembangan motorik anak yang wajib Mam dan Pap ketahui!
 
  1. 0-3 bulan

    Memasuki usia 3 bulan, si Kecil akan mulai belajar untuk mengangkat kepala dan dadanya dari lantai seperti melakukan “mini push-up”. Pada usia ini, si Kecil masih menggenggam erat jemarinya. Latih motorik halusnya dengan memberikan benda yang dapat digenggam atau memberikan sentuhan halus pada jarinya, atau menyilangkan tangannya untuk menguatkan otot lengannya. 

  2. 4-6 bulan

    Pada usia ini, si Kecil mulai bisa memiringkan badannya ke sisi kanan dan kiri, tengkurap, menggulingkan badan, serta menggunakan tangannya untuk mendukungnya duduk. Motorik halusnya mulai berkembang dengan mulai mengeksplorasi mainan dengan mengenggam dan menggapainya. 

  3. 7-9 bulan

    Saat ini, si Kecil sudah terlihat lebih kuat dengan kemampuan meraih mainan sendiri tanpa jatuh. Ia sudah bisa merangkak, duduk, dan belajar berdiri sendiri. Motorik halusnya terus berkembang dengan kemampuan menggapai mainan dengan dua tangan, serta mengambil benda yang lebih kecil dengan ibu jari dan jari telunjuknya. 

  4. 10-12 bulan

    Tak terasa si Kecil sudah memasuki usia 1 tahun. Saat ini, ia telah pandai mengangkat badannya untuk berdiri dan melangkahkan kaki untuk belajar rambatan atau merambat. Ia juga sudah mampu duduk tanpa dukungan di belakangnya dan memutar kepala tanpa kehilangan keseimbangan. Ia dapat mempertahankan keseimbangan dengan posisi duduk, saat melempar bola, dan bertepuk tangan sebagai perkembangan motorik halusnya. 

  5. 1-2 tahun

    Refleks si Kecil kini kian baik. Ia sudah mampu berjalan dengan baik, berjalan mundur, naik tangga, menarik dan mendorong benda berat, serta berdiri di kursi tanpa pegangan dan melempar. Begitu juga dengan kemampuan motorik halusnya seperti bisa menyusun menara dari balok, mencoret-coret, dan belajar melepas celana atau bajunya.

  6. 2-3 tahun

    Pertumbuhan fisik si Kecil kian kuat. Ia mampu menaiki tangga, menendang bola, membuka dan memakai pakaian sendiri, memungut dan membawa benda kecil dengan mudah. Ia juga sudah bisa diajak berkreasi karena mampu menggunting kertas, membuat lingkaran serta mencoret sesuai keinginan. 

  7. 3-4 tahun

    Si Kecil sudah bisa berjalan dengan mengayunkan tangan, mampu menuruni tangga dengan dua kaki. Ia juga sudah bisa berdiri di salah satu kaki selama 5-10 detik, melompat, dan memanjat. Motorik halus si Kecil pun menunjukan kemajuan dengan pandai mengoleskan lem dengan rapi, meronce, menyusun puzzle, dan menuangkan cairan ke dalam botol dengan hati-hati. 


Yuk Mam dan Pap, perhatikan perkembangan motorik anak dari waktu ke waktu serta perbanyak informasi yang bermanfaat seperti yang ada di sini, agar pengasuhan si Kecil jadi yang terbaik. 

Sumber:
meetdoctor.com/article/cara-sederhana-merangsang-motorik-halus-dan-motorik-kasar-anak
parenting.co.id/balita/tahapan-perkembangan-motorik-kasar-anak
scribd.com/document/188359108/Makalah-Perkembangan-Motorik-Anak
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top