Info Nutrisi

Tanda Si Kecil Sudah Cukup Minum ASI

By: Wyeth Nutrition 2015-06-11 17:00:00 (UTC)
Saat menyusui, banyak Mam yang bertanya-tanya apakah si kecil meminum cukup ASI. Pasalnya, kebutuhan ASI setiap anak berbeda berdasarkan jenis kelamin, berat badan dan juga tinggi badan. Lalu, bagaimana mengenali tanda si kecil sudah cukup minum  ASI? Simak ulasannya berikut ini.
 
Jumlah diaper
Intensitas buang air si kecil bisa dijadikan tanda tercukupinya kebutuhan ASI yang baik. Idealnya, dalam sehari bayi yang mendapatkan ASI eksklusif bisa mengganti diaper sebanyak 6 kali dengan popok yang berat dan basah. Jika intensitas buang air kecilnya masih sedikit, Mam harus lebih mewaspadainya ya.
 
Pup Si Kecil
Cara lain untuk bisa mengetahui kecukupan ASI si kecil adalah dengan mengetahui jumlah dan warna pup. Bayi yang cukup mendapatkan ASI, warna pup nya kuning cerah dan encer. Idealnya bayi minimal buang air besar minimal 1 kali dalam sehari. Mam harus memperhatikan hal ini, jika si kecil tidak buang air besar dalam beberapa hari berarti dia kekurangan asupan ASI.
 
Berat badan
Jika Mam memiliki timbangan digital di rumah, memantau kebutuhan ASI si kecil akan semakin mudah. Sebelum memberikan ASI, timbang berat badan si kecil kemudian setelah menyusui selama 20 menit di setiap payudara timbang lagi berat badannya. Selisih berat sebelum dan sesudah menyusui adalah jumlah ASI yang telah dikonsumsinya. Jika tidak menunjukkan kenaikan berat badan yang berarti, si kecil kemungkinan tidak menghisap ASI dengan baik.
 
Pergerakan dagu si kecil
Saat menyusui, perhatikan pergerakan dagu si kecil. Semakin lama jeda naik turunnya dagu, maka semakin banyak pula ASI yang telah dihisap. Mam juga bisa melihat di daerah sekitar bibir, jika banyak ASI yang menetes berarti si kecil menghisap ASI dalam jumlah yang banyak.
 
Mengenali tanda tercukupinya kebutuhan ASI si kecil sangatlah penting, karena hal ini berkaitan dengan kesehatan serta pertumbuhannya. Konsumsi ASI yang cukup dapat membantu perkembangan otak anak serta proses berpikirnya dalam proses pertumbuhan. Pastikan si kecil mengonsumsi ASI yang cukup ya, Mam. (nbci/ay)
 
Sumber:
http://www.nbci.ca/index.php?option=com_content&id=23:is-my-baby-getting-enough-milk&Itemid=17 diakses pada 27 Desember 2014
https://www.breastfeeding.asn.au/bfinfo/my-baby-getting-enough-milkdiakses pada 27 Desember 2014  
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top