Gambar Teknik Memerah ASI yang Ideal
Gambar Teknik Memerah ASI yang Ideal

Teknik Memerah ASI yang Ideal

oleh: Wyeth Nutrition 2015-06-12 07:00:00
Ibu mana pun seperti Mam pasti sangat senang memiliki produksi ASI yang berlimpah untuk si kecil. Tidak perlu diragukan lagi jika ASI merupakan makanan sekaligus minuman istimewa alami yang sangat penting untuk mendukung perkembangan otak anak sekaligus menunjang proses berpikir dan proses belajar si kecil hingga ia tumbuh dewasa kelak.
 
Produksi ASI yang berlimpah terkadang membuat Mam harus pintar-pintar memerah ASI untuk disimpan dalam lemari pendingin sebagai stok si kecil. Jika teknik memerah ASI yang diterapkan sudah benar, maka tidak heran jika produksi ASI akan semakin banyak dan melimpah sehingga tak perlu khawatir si kecil kekurangan zat nutrisi penting pada masa emas pertumbuhannya. 
 
Belajar memerah
Jangan tegang saat memompa ASI. Duduklah dengan santai dan rileks kemudian pasang alat pompa ASI manual atau otomatis saat payudara berasa penuh. Beberapa kali latihan mungkin Mam masih kurang nyaman dengan memakai alat pompa ASI ataupun manual, namun setelah terbiasa, ASI akan keluar dengan mudah dan nyaman.
 
Seberapa sering memompa?
Sebagian ibu benar-benar memiliki produksi ASI yang berlimpah sehingga lebih mudah memompa ASI hingga persediaan ASI di dalam lemari es tampak menumpuk. Tapi, bagi ibu-ibu lain yang produksi ASInya biasa saja. Namun Mam sebenarnya hanya perlu menyesuaikan diri dengan jadwal dan kebutuhan bayi. Secara umum, ibu yang bekerja selama delapan jam sehari dapat memompa hingga tiga kali dengan diselingi mengonsumsi makanan bergizi sesudah memompa.
  • Jika bayi minum ASI setiap dua jam, Mam mungkin perlu untuk memompa lebih sering ketika bayi sedang tidur
  • Jika Mam tidak punya waktu memompa ASI di siang hari, cobalah bangun di malam hari dan memompa ASI
  • Usahakan pula untuk memompa ASI sebelum bekerja
Berapa lama memompa?
Tidak ada patokan waktu yang pasti untuk lama memompa ASI. Yang pasti, Mam bisa memompa ASI hingga tidak ada yang keluar lagi atau ASI berhenti mengalir. Secara umum, memompa ASI sekitar 10-15 menit. Tidak ada salahnya untuk tetap memompa ASI selama beberapa menit setelah ASI berhenti mengalir. Hal ini akan mengirim sinyal pada tubuh agar lebih banyak menghasilkan ASI.

Pengaturan pompa ASI
Pengaturan pompa ASI berbeda bagi setiap ibu. Tidak berarti jika alat pompa dipercepat maka akan mendapat banyak ASI. Untuk mendapat hasil yang maksimal usahakan untuk meniru hisapan bayi. Kemudian atur alat pompa Mam sesuai dengan kekuatan dan kecepatan si kecil menghisap putting. Dari sini Mam bisa mengetahui apa pengaturan yang terbaik untuk mendapatkan hasil susu lebih banyak.
Semoga berhasil ya, Mam…
 
http://www.babycenter.com/0_pumping-your-breast-milk-an-overview_8791.bc?showAll=true
http://www.workandpump.com/pumping.htm

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top