Tips & Cara Mendidik Anak Usia Dini yang Baik dan Benar

Senin, 10 Agustus 2015, 00:00 WIB
Di zaman modern seperti ini, semestinya sudah tidak perlu melakukan kekerasan dalam mendidik anak. Si kecil hanya perlu mendapatkan bimbingan dan arahan yang tepat, sehingga proses belajarnya senantiasa berjalan maksimal. Anda bisa memberikan kasih sayang yang cukup untuk mengedukasinya. Beberapa di antaranya, bisa Anda terapkan dalam aktivitas berikut ini.
 
Membacakan cerita anak
Pesan cerita yang disampaikan dalam cerita anak, sebenarnya bisa Anda sampaikan untuk mengedukasi si kecil. Anda bisa menceritakan beragam kisah yang menarik dan dapat menginspirasi dirinya menjadi pribadi yang pintar. Selain itu, membacakan cerita kepada anak merupakan salah satu wujud kecintaan dan kasih sayang si kecil dalam setiap waktunya.
 
Mengajari dengan cara berbeda
Gunakan model pembelajaran yang cukup atraktif dan komunikatif kepada si kecil. Selain bisa lebih mudah untuk memahamkannya, juga akan membuat proses berpikir buah hati Anda lebih fokus. Posisikan diri Anda sebagai kawannya, sehinga si kecil bisa belajar bersama Anda dengan penuh keceriaan.
 
Mengikuti minat anak
Biasanya, anak-anak memiliki banyak keinginan yang beragam. Cobalah untuk mengikuti keinginan si kecil agar akal pintar dan aksi pintarnya bisa teraplikasikan. Batasi pada keinginan yang bersifat positif   dan dapat membangun karekternya, seperti dia ingin belajar musik, berkebun atau melukis. Fasilitasi dan bimbing dengan penuh kasih sayang.
 
Memberikan pengalaman berbeda
Bentuk kasih sayang orang tua pada anak, tidak selalu dengan memanjakan si kecil. Anda juga dapat menyalurkannya dalam bentuk pengalaman baru bagi anak. Misalnya saja, mengajak si kecil berkebun di taman belakang rumah atau mengajaknya pergi belanja di pasar tradisional. Selain bisa memberikan perhatian Anda, si kecil juga memperoleh pengalaman baru yang dapat mendukung perkembangan otak anak.
 
Biar tidak kelamaan, segera bagikan kasih sayang Anda buat si kecil ya, Bu. (sma/it)
 
Sumber:
http://www.smartparenting.com.ph/kids/preschooler/4-ways-to-cultivate-a-love-of-learning-at-home/?ref=related-int diakses pada 1 September 2014
http://www.focusonthefamily.com/parenting/schooling/back-to-school-challenges/cultivating-a-love-for-learning-in-your-children.aspx diakses pada 1 September 2014
http://www.edutopia.org/blog/cultivating-love-reading-students-elena-aguilar diakses pada 1 September 2014
 

0 Komentar

Artikel Terkait

Info Nutrisi

Pentingnya Sarapan untuk Anak

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

Kebutuhan Kalsium Anak

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

Cemilan Sehat untuk Anak-Anak

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top