Gambar Tips Mengajarkan Si Kecil Belajar dengan Mandiri di Rumah
Gambar Tips Mengajarkan Si Kecil Belajar dengan Mandiri di Rumah

Tips Mengajarkan Si Kecil Belajar dengan Mandiri di Rumah

oleh: Parenting Club 2020-01-17 14:32:26
Mam tentu ingin bisa mendidik anak hebat yang mandiri, termasuk mandiri dalam hal belajar. Memiliki tanggung jawab untuk bisa belajar sendiri di rumah memang merupakan bekal berharga bagi si Kecil agar proses belajar di sekolahnya menjadi lancar dan mendapat hasil yang optimal. Jika Mam ingin mendidik anak untuk dapat mandiri dalam hal belajar, Mam bisa mencoba menerapkan beberapa tips parenting berikut ini.
 
  1. Ketahui jadwal tugas, ulangan, atau tes anakDengan mengetahui jadwal-jadwal tersebut, Mam dapat membantu anak untuk menyusun jadwal belajar dan prioritas dalam melakukan aktivitas sehingga ia terbiasa untuk menyicil saat belajar dan tidak melakukan ‘sistem kebut semalam’.
  2. Ajarkan si Kecil untuk menentukan target belajar jangka pendekMateri pelajaran yang menumpuk bisa membuat si Kecil merasa kewalahan. Karenanya, Mam bisa mengajarkan si Kecil untuk memecah materi tersebut menjadi beberapa bagian dan menentukan target belajar jangka pendek. Artinya, kini si Kecil mempunyai target pelajaran yang harus ia kuasai setiap minggu atau setiap hari.
  3. Ajarkan si Kecil membuat jadwal belajar di rumahJika si Kecil sudah memiliki target belajar jangka pendek, maka akan lebih mudah pula baginya untuk membuat jadwal belajar dan benar-benar melaksanakannya. Si Kecil akan tahu apabila ia tidak menjalankan jadwal belajar yang sudah ia buat, kemungkinan ia tidak dapat memenuhi target belajar dalam waktu yang seharusnya.
  4. Ajarkan si Kecil membuat skala prioritasKemampuan untuk mengetahui mana yang perlu ia lakukan terlebih dahulu dan mana yang bisa ia tunda akan sangat membantu si Kecil untuk bisa belajar secara mandiri. Mendidik anak hebat untuk dapat membuat skala prioritas akan berkaitan dengan hal-hal yang sudah disebutkan di atas dan memang bukan hal yang mudah. Tetapi kemampuan ini akan sangat bermanfaat bahkan sampai si Kecil dewasa kelak.
  5. Menjadi fasilitator dalam proses belajar si KecilUntuk mendidik anak hebat agar dapat mandiri dalam hal belajar, Mam perlu menempatkan diri sebagai mediator saja. Tugas Mam adalah memfasilitasi kebutuhan belajar si Kecil, bukan mengambil alih. Artinya, saat si Kecil mengerjakan tugas sekolah, walau hasilnya tidak sempurna, tapi itu adalah hasil belajar si Kecil. Jangan mengerjakan tugas tersebut bagi si Kecil karena ia justru tak akan mandiri dan tidak mendapat manfaat dari tugas tersebut. Jika kemudian nilai yang didapat kurang baik, maka hal tersebut bisa menjadi sumber pembelajaran bagi si Kecil supaya lain kali ia bisa lebih baik lagi.
  6. Pastikan si Kecil memiliki tempat belajar yang baik di rumahDengan begitu, si Kecil akan memiliki tempat yang mendukungnya untuk belajar di rumah. Siapkan alat tulis dan perlengkapan lain yang mungkin akan ia butuhkan dalam proses belajar dan minta si Kecil untuk bertanggung jawab menjaga dan membersihkannya.
 
Dukungan Mam untuk mendidik anak hebat sangat penting agar si Kecil bisa menjadi pembelajar yang mandiri. Suatu kemampuan yang akan sangat berguna selama ia bersekolah dan sampai ia memasuki dunia kerja nantinya. Yuk, Mam, selalu dorong si Kecil agar ia menjadi anak yang mandiri dan hebat.
 
Sumber:
https://kidshealth.org/en/parents/school-help-elementary.html
https://childdevelopmentinfo.com/learning/tips-for-helping-kids-and-teens-with-homework-and-study-habits/#gs.mn2tbo
https://www.britishcouncil.my/english/courses-children/resources/helping-your-child-become-independent-learner

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top