Cara Mengasuh

Tips Mengatur Waktu Agar Mam Cukup Beristirahat Dalam Mengasuh Si Kecil di Tahun Pertama

By: Wyeth Nutrition 2015-08-04 17:00:00 (UTC)
Menjadi orangtua baru rentan sekali mengalami stres, apalagi jika belum dapat mengatur kesibukan setiap hari. Akibatnya, stress dan kelelahan membuat kondisi kesehatan Mam menurun dan si kecil juga akan terkena dampaknya. Tidak ingin hal ini terjadi kan? Berikut ini ada beberapa tips agar Mam tidak terlalu lelah dan stress pada tahun pertama bersama si kecil. Simak yuk, Mam.
 
Relaksasi
Sepadat apapun kesibukan, pastikan tubuh dapat meluangkan sedikit waktu untuk relaksasi. Ambil waktu di sela-sela si kecil tidur atau pada jam istirahat kantor. Relaksasi dapat dilakukan melalui banyak cara, misalnya berendam air hangat, jalan-jalan pagi, berolahraga, membaca buku, pijat dan masih banyak lainnya. Pastikan juga tubuh dapat beristirahat dengan cukup. Idealnya orang dewasa tidur 7-8 jam semalam. Penuhi waktu ideal tersebut agar tubuh dapat istirahat dengan berkualitas.
 
Katakan “tidak”
Mam bukanlah superhero yang dapat melakukan banyak hal sekaligus. Terkadang, perlu juga mengatakan ‘tidak’ pada pekerjaan tambahan, aktivitas kantor yang tidak terlalu urgent dan kegiatan lain yang bisa ditinggalkan. Mam membutuhkan waktu yang ekstra untuk memberikan perhatian pada si kecil dan juga waktu untuk istirahat bagi diri sendiri.
 
Perhatikan pola makan
Hal ini sering kurang diperhatikan oleh para orangtua, yakni kurang memperhatikan pola makan. Padahal, makanan berperan sangat penting untuk memberi tenaga pada tubuh. Belum lagi, bagi Mam yang sedang menyusui, kebutuhan makanan bernutrisi sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas ASI untuk membantu meningkatkan perkembangan otak anak. Jadi, jangan pernah melewatkan waktu makan utama serta nutrisi tambahan sebagai pelengkap ya.
 
Mengatur jadwal
Waktu akan lebih efisien jika sudah diperhitungkan dengan baik. Sebelum tidur, buatlah daftar agenda yang akan dilakukan esok hari. Hal ini akan sangat membantu untuk mengatur waktu serta menentukan kegiatan yang lebih diprioritaskan. Mengantar anak untuk konsultasi ke dokter atau checkup rutin adalah daftar agenda yang tidak boleh dilewatkan.
 
Orangtua memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang si kecil, oleh karena itu Mam harus selalu menjaga kondisi tubuh yang fit dan prima. Semoga bermanfaat, Mam.
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Cara Mengasuh

Penyebab Bayi Susah Tidur nyenyak yang Perlu Mam Ketahui

By: Wyeth Nutrition 2019-05-14 02:27:03 (UTC)

Penyebab Bayi Susah Tidur Nyenyak

Bayi baru lahir biasanya susah tidur dengan nyenyak dan terus menerus terbangun. Hal ini dapat membuat Mam juga jadi sulit tidur. Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab kenapa bayi susah tidur pada malam hari. Karena itu, penanganan yang tepat untuk mengatasinya pun bisa berbeda-beda.

Meski lebih sering terjadi pada bayi baru lahir, banyak pula yang “keterusan” susah tidur semalaman sampai lewat usia 6 bulan. Segala cara sudah dilakukan seperti diberi makan atau dibuat agar suhu ruangan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Namun tetap saja si Kecil terbangun berkali-kali. Kenapa ya?

Faktor yang Membuat Bayi Susah Tidur

Sebelum mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi susah tidur, Mam juga perlu tahu dulu ciri-ciri gangguan tidur pada si Kecil. Kriteria gangguan tidur pada anak adalah bila si Kecil tidur terlalu malam (lebih dari jam 20.00), terbangun pada malam hari lebih dari tiga kali, dan ketika terbangun si Kecil bisa bangun hingga 30 menit.

Gangguan tidur bisa terjadi hanya sesekali. Jika demikian, Mam dan Pap bisa memeriksa dulu apakah si Kecil lapar atau popoknya terlalu basah, atau apakah ia kepanasan atau kedinginan.

Jika tidak, mungkin si Kecil sedang merasa tidak enak badan atau sedang tumbuh gigi. Bisa juga karena si Kecil terlalu lelah atau terlewat jadwal tidur siang, terlalu terstimulasi, tidak punya rutinitas, atau sedang dalam lompatan pertumbuhan (growth spurt).

Bila gangguan tidur itu sudah lama terjadi, penanganannya harus melalui dokter anak karena dikhawatirkan si Kecil menderita penyakit kronis. Penyakit yang mungkin diderita adalah alergi atau intoleransi pada makanan tertentu sehingga menimbulkan kolik, keseleo, atau gangguan berat seperti ADHD.

Bila si Kecil masih dalam masa ASI eksklusif, sebaiknya evaluasi asupan makanan Mam pada siang hari. Mam bisa mencatat makanan hari itu dan memperhatikan hari-hari saat si Kecil susah tidur.

Banyak bayi yang alergi pada makanan tertentu seperti produk dairy sehingga rewel dan susah tidur semalaman jika siang harinya Mam makan telur atau minum susu. Alergi sangat membuat tidak nyaman karena bisa berefek pada kolik, perut yang terasa tidak nyaman, gatal, perasaan ingin muntah, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut bisa menyebabkan bayi susah tidur.

Keseleo karena kesalahan menggendong juga sangat mungkin membuat bayi tidak nyaman sehingga sulit tidur. Cobalah memanggil pemijat bayi untuk melenturkan otot-otot sehingga si Kecil merasa lebih rileks.

Menangani Bayi yang Susah Tidur

Hingga 6 bulan, bayi biasanya tidur 1 jam sekali. Lewat usia 6 bulan, si Kecil baru bisa terjaga lebih dari 2 jam. Saat balita, si Kecil bisa akan bertahan tidak tidur hingga 4-5 jam. Jika sudah lewat 5 jam, si Kecil biasanya akan langsung rewel karena kelelahan.

Saat menangani bayi susah tidur, penting bagi Mam dan Pap untuk mencatat siklus tidur si Kecil. Ini untuk mengetahui seberapa sering si Kecil susah tidur dan seberapa lama ia terbangun.

Buatlah rutinitas sebelum tidur seperti mandi, pijat bayi, ganti baju dengan piyama, dan mematikan lampu. Perhatikan juga lingkungan tempat tidur si Kecil, misalnya suhu ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas, kelembaban, bising, dan pakaian.

Bayi di atas usia 6 bulan sudah bisa diberi barang yang bisa memberinya rasa nyaman, seperti selimut atau boneka favorit. Mam juga bisa membiasakan dengan memeluknya saat tidur karena detak jantung Mam adalah suara yang sangat akrab dengan si Kecil sejak dalam kandungan dan bisa membuatnya lebih tenang.

Jika masih juga tidak berhasil, jangan ragu untuk mengunjungi dokter anak ya, Mam. Jangan biarkan masalah bayi susah tidur ini berlarut-larut karena dapat menyebabkan gangguan tumbuh kembang si Kecil.
 
Original article:
parentingclub.co.id/smart-consultation/psikolog/bayi-susah-tidur-nyenyak
 
Source:
babycentre.co.uk/a123/how-can-i-get-my-baby-to-sleep-through-the-night
sleepbabylove.com/medical-reasons-baby-wont-sleep/
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top