Tips Mengenali dan Mengembangkan Bakat dalam Mendidik Anak

oleh: Parenting Club 2019-11-11 13:58:46
Bakat adalah kemampuan atau potensi yang berasal dari dalam diri seseorang. Bakat biasanya dimiliki seseorang secara alami sejak ia lahir. Tetapi agar dapat menjadi suatu kehebatan, bakat tetap perlu dilatih dan dikembangkan. Karenanya dalam mendidik anak hebat, penting bagi Mam untuk mengenali bakat si Kecil agar kemudian Mam dapat mendukung sehingga bakat tersebut berkembang secara optimal. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Mam mengenali dan mengembangkan bakat si Kecil.
 
  • Beri stimulus Selain untuk mengembangkan bakat si Kecil, stimulus juga penting diberikan untuk membantu mengenali bakat tersebut lho, Mam. Stimulus yan
    Read More
    g diperlukan adalah dengan memberikan kesempatan bagi anak untuk mengeksplor dirinya, kemampuannya, dan lingkungannya. Untuk mendidik anak hebat, Mam bisa memperkenalkan dan mendorong si Kecil untuk mencoba berbagai aktivitas maupun hobi. Lakukan dengan pendekatan yang ringan, santai dan menyenangkan. Selain itu, jangan terlalu mengarahkan si Kecil atau memaksanya ya, Mam.
  • Amati si Kecil saat beraktivitas Selalu amati si Kecil saat ia beraktivitas. Aktivitas apa yang ia sukai, yang ia secara alami dapat melakukannya dengan baik, apa kebiasaannya, dan lain sebagainya. Aktivitas yang jadi favoritnya bisa jadi tanda awal bagi Mam untuk mengenali bakatnya. Walau Mam tetap perlu mengamati lebih jauh untuk menentukan antara bakat dan minat si Kecil. Terus amati segala aktivitasnya, siapa tahu salah satu diantaranya adalah potensi yang cukup kuat untuk didalami dan dikembangkan lebih lanjut.
  • Dorong si Kecil secara positif Jika Mam merasa si Kecil memiliki bakat dalam hal tertentu, dorong ia untuk terus melakukan dan mengembangkan aktivitas tersebut. Dorongan yang diberikan bisa berupa pujian agar ia percaya diri akan kemampuannya, tunjukkan bahwa Mam menaruh perhatian pada apa yang ia lakukan dan beri ia ruang serta kesempatan untuk mengeksplor lebih jauh bakat atau potensi tersebut.
  • Jangan memaksa Seringkali Mam dan Pap cemas si Kecil akan menyia-nyiakan bakatnya sehingga akhirnya memaksa si Kecil untuk melakukan berbagai aktivitas yang menurut Mam dapat mengembangkan bakat tersebut. Misalnya memasukkan si Kecil ke kelas, kursus, latihan, klub dan sebagainya begitu merasa si Kecil berbakat dalam suatu hal. Padahal hal tersebut dapat membuat si Kecil merasa terbebani dan terpaksa sehingga bisa-bisa malah mogok melakukannya. Untuk mendidik anak hebat, Mam perlu tahu kapan harus mendorong si Kecil untuk melakukan sesuatu dan kapan harus membebaskan si Kecil. Beri si Kecil kebebasan untuk memilih ya, Mam.
  • Dengarkan pendapat dan keinginan si Kecil Komunikasi positif adalah bagian penting dari mendidik anak hebat. Biasakan untuk selalu mendengarkan pendapat dan keinginan si Kecil dan sampaikan pula pendapat Mam dengan cara yang positif. Dengan begitu si Kecil akan menjadi lebih terbuka dan Mam jadi lebih mudah untuk mengetahui apa yang sebenarnya ia sukai dan apa yang tidak ia sukai. Selalu komunikasikan dan diskusikan terlebih dahulu sebelum memasukkan anak dalam klub, kursus, lomba atau aktivitas apapun.
  • Konsultasi dengan ahli Mam juga dapat mencari tahu mengenai bakat si Kecil dengan melakukan tes bakat anak atau berkonsultasi dengan ahli. Tetapi, perlu Mam ingat untuk tidak menjadikan hasil tes satu-satunya acuan dalam mendidik anak hebat ya, Mam. Jika Mam memiliki pertanyaan seputar tumbuh kembang si Kecil, termasuk soal bakat, Mam cari tahu dari ahlinya dengan fitur Smart Consultation di Parenting Club.
 
Dalam mendidik anak hebat Mam perlu ingat bahwa setiap anak memiliki kehabatannya masing-masing. Peran Mam dan Pap adalah memberikan dukungan sehingga kehebatannya seluruh kehebatan si Kecil dapat bersinergi secara optimal. Di situs Parenting Club Mam dapat menggunakan fitur Smart Strength Finder untuk membantu mengenali kehebatan si Kecil. Coba, yuk!
 
 
Sumber:
https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id= 4987
https://dosenpsikologi.com/cara-mengetahui-bakat -anak-sejak-dini
https://doktersehat.com/cara-mengetahui-bakat -anak/
https://childdevelopmenti nfo.com/child-activities/4-wa ys-to-spot-and-nurture-ta lent-in-your-child/#gs.5ycvlb

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top