Gambar Tips Untuk Si Pemilih Makanan
Gambar Tips Untuk Si Pemilih Makanan

Tips Untuk Si Pemilih Makanan

oleh: Wyeth Nutrition 2015-10-09 07:00:00
Menghadapi si pemilih makanan atau picky eater tidak lagi menjadi hal yang berat. Lakukan beberapa tips berikut :
 
Perkenalkan unsur-unsur sehat dalam makanan yang si kecil sudah suka. Misalnya tawarkan ia blueberry pancake, muffin wortel, irisan buah, sereal favorit si kecil, dsb, dan jelaskan manfaat yang terkandung dalam makanan.
 
Ajak si kecil untuk bantu mempersiapkan makanan yang akan ia makan. Dengan mengajaknya terlibat untuk membeli bahan makanan dan mempersiapkan makanan, maka ia akan merasa lebih tertarik untuk mencicipi makanan tersebut.
 
Jangan membeli makanan yang tidak sehat. Jauhkan ia dari makanan ringan. Siapkan makanan sehat seperti wortel, dsb. Pada awalnya anak-anak akan menolak, akan tetapi ketika si kecil tidak bisa menahan rasa lapar mereka pun akan mencobanya.
 
Jadwalkan waktu untuk menikmati cemilan dan taati.
Sediakan cemilan finger food sehat seperti buah dan sayur potong (mentah atau dimasak).
 
Biarkan si kecil mengambil sendiri makanannya. Anak-anak tahu kapan saatnya mereka makan lebih banyak dan lebih sedikit.
 
Ajak anak untuk memakan makanan dengan warna yang beragam. Karena makanan (sayuran) dengan warna yang lebih cerah lebih banyak mengandung nutrisi.
 
Jangan menghentikan semua kebiasaannya. Sepotong biskuit coklat atau sesendok es krim boleh saja diberikan kepada si kecil sekali-kali. Jika Mam langsung menghentikan semua kebiasaannya, si kecil akan makan berlebihan ketika diberikan ijin untuk memakan makanan kesukaannya. Bijaklah dalam memberikan kesempatan.
 
Makan di meja makan, bukan ketika menonton TV. Makan di depan tv dapat membuat anak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Makan di meja makan juga memberikan kesempatan kepada Mam untuk duduk sebagai sebuah keluarga bersama si kecil.  
 
Jadilah teladan bagi si kecil. Cara terbaik untuk mempengaruhi anak adalah dengan memberikannya contoh. Jangan berharap si kecil akan makan sayuran jika ia tidak melihat orang tuanya memakan sayuran.

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top