Gambar Traveling Saat Hamil
Gambar Traveling Saat Hamil

Traveling Saat Hamil

oleh: dr Tirsa Verani Sp OG 2017-04-20 12:53:14
Kehamilan Mam memasuki bulan ketiga dan Mam ingin berlibur ke luar kota. Bolehkah? Tentu saja boleh. Dengan mempersiapkan tindakan-tindakan pencegahan yang tepat dan membekali diri dengan informasi tentang kapan waktu terbaik untuk bepergian, vaksinasi, dan asuransi perjalanan, Mam yang sedang hamil bisa melakukan traveling dengan aman. 

Kapan saat terbaik
Pada trimester pertama kehamilan (sejak dinyatakan positif hamil sampai minggu ke-13), banyak ketidaknyamanan yang masih dirasakan sebagai proses penyesuaian diri dengan kehamilan. Misalnya saja morning sickness, yaitu rasa mual dan muntah sesekali; yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan sepanjang hari.

Memasuki usia kehamilan 37 minggu, kemungkinan terjadinya kelahiran amat tinggi. Untuk Mam yang kehamilannya tanpa komplikasi sebaiknya hindari berpergian saat usia hamil sudah memasuki 36 minggu. Khusus untuk Mam yang memiliki kehamilan dengan komplikasi yang berisiko lahir prematur, seperti hamil bayi kembar, hindari berpergian saat usia kehamilan memasuki 32 minggu.

Jadi, waktu ideal bagi Mam untuk melakukan traveling adalah pada trimester ke-2 kehamilan. Saat Mam sudah bisa menyesuaikan diri dengan kehamilannya dan merasa lebih nyaman.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum berpergian
  • Berkonsultasi dulu dengan dokter ahli kandungan atau bidan.​Walaupun kehamilan Mam relatif sehat, berkonsultasilah dulu dengan dokter atau bidan sebelum melakukan perjalanan. Konsultasi ini menjadi wajib jika kehamilan Mam bermasalah.
  • Kenali kondisi di tempat tujuan.Sebelum pergi, pastikan kondisi tempat tujuan liburan Mam. Apakah sedang berjangkit suatu penyakit di sana? Apakah makanan dan minumannya cukup bersih? Bagaimana kondisi cuacanya, apakah sangat panas atau sangat dingin? Lakukan langkah-langkah pencegahan untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Misalnya, kalau Mam tidak yakin air keran di sana cukup bersih untuk langsung diminum, belilah air minum dalam kemasan.
  • Pastikan ada sarana kesehatan yang memadai. Cek ketersediaan sarana kesehatan di tempat tujuan. Bawalah “Catatan Kesehatan Kehamilan” Mam, sehingga ketika dibutuhkan, dokter bisa memberikan penanganan yang akurat. Jika Mam jatuh sakit di tempat tujuan, banyaklah minum air putih dan upayakan untuk tetap makan demi kesehatan janin, meskipun Mam tidak merasa lapar.


Pilihan alat transportasi
  • Pesawat udara. Mam harus banyak minum dan bergerak setiap 30 menit sekali. Agar kaki tidak bengkak, gunakan stocking khusus yang bisa Mam beli di apotek. Pihak maskapai pesawat terbang memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai batasan usia boleh terbang untuk ibu hamil. Pastikan Mam mengetahui batasan usia tersebut. Selain itu Mam juga akan diminta menunjukkan surat keterangan mengenai kondisi kehamilan dan ijin terbang dari dokter kandungan Mam.
  • Mobil pribadi.  Selalu gunakan sabuk pengaman untuk melindungi Mam dan janin dalam kandungan.
  • Bis umum. Bis umum memiliki ruangan untuk bergerak yang sangat terbatas bagi ibu hamil. Agar aman, tetap duduk di kursi selama perjalanan. 
  • Kereta api. Kereta api memiliki ruangan untuk bergerak yang relatif lebih luas disbanding bis umum, walaupun toiletnya sempit. Berjalan-jalanlah setiap 30 menit sekali untuk melancarkan peredaran darah dan menghindari kaki yang membengkak.
  • Kapal laut. Jika Mam ingin naik kapal laut atau kapal pesiar, pastikan tersedia fasilitas kesehatan yang memadai untuk kehamilan di atas kapal tersebut, juga di pelabuhan-pelabuhan yang akan dikunjungi.
Bila Mam ingin traveling dengan berkendara, baik di mobil, di bis atau di kereta api, sebaiknya batasi durasi perjalanan selama 5-6 jam saja. Selamat berlibur! 
Mam juga bisa mendapatkan info terkini lainnya seputar cara mengasuh di sini

Sumber:
  • http://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/pages/travel-pregnant.aspx
  • Things Your Should Know About Traveling While Pregnant

    http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/traveling-during-pregnancy/

  • Travel During Pregnancy

    http://www.acog.org/Patients/FAQs/Travel-During-Pregnancy

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top