Kesehatan

Travelling untuk Ibu Hamil

By: Wyeth Nutrition 2016-09-26 03:39:25 (UTC)


Perjalanan dengan Mobil:

  • Menurut peraturan, Anda masih harus tetap mengenakan sabuk pengaman selama kehamilan

  • Sabuk pengaman pinggang berada dibawah perut Anda

  • Sabuk pengaman bagian dada berada di atas perut Anda.

  • Pada akhir kehamilan, kecepatan reaksi Anda mungkin akan menurun, jadi berhati hatilah selalu saat mengemudi

  • Siapkan waktu yang lebih saat melakukan perjalanan, jangan terburu-buru.

  • Jangan melakukan perjalan jauh seorang diri

  • Ambil istirahat secara teratur selama perjalanan, bahkan jika Anda tidak mengemudi

  • Jika Anda mengemudi dan mulai merasa lelah, pusing atau sakit, segeralah menepi

  • Usahakan telepon selular selalu berada di dekat anda dan pastikan baterai selalu dalam keadaan penuh

Sebelum Berlibur, tanyakan diri anda :

  • Bagaimana kondisi kehamilan anda saat ini ?

  • Apakah anda ingin liburan seperti ini sekarang atau bisa ditunda ?

  • Apakah Anda membutuhkan imunisasi? (tanyakan kepada dokter tentang hal ini)

  • Dapatkah Anda berbicara bahasa setempat? Ini akan menjadi penting jika Anda membutuhkan pertolongan medis disana

  • Apakah makanan dan air aman untuk dikonsumsi ? Sangat penting untuk menghindari gangguan perut selama perjalanan.

  • Apakah asuransi perjalanan anda mencakup hal-hal yang mungkin dibutuhkan untuk ibu hamil?


Perjalanan dengan Pesawat :

  • Sebelum memesan tiket, periksalah apakah maskapai penerbangan, dokter anda, perusahaan asuransi, dan semua sudah aman buat anda untuk melakukan penerbangan.

  • Anda aman untuk melakukan penerbangan hingga usia kehamilan 28 minggu jika Anda tidak mengalami perdarahan atau kondisi medis tertentu.  Anda masih dapat terbang sampai minnggu ke 32 jika semuanya baik dan Anda memiliki surat keterangan dari dokter.

  • Kehamilan meningkatkan risiko ‘Trombosit Vena Dalam (TVD), yang bisa terjadi karena  duduk di posisi yang sama terlalu lama. Dokter akan memberi saran tentang mengurangi risiko tersebut, termasuk latihan dan kaus kaki khusus.

  • Bawa selalu buku catatan persalinan atau kartu pemeriksaan kehamilan Anda

  • Mintalah kursi di posisi dekat lorong.

  • Hindari kursi belakang karena ada biasanya sedikit ruang untuk bergerak.

Jika Anda mengalami mabuk perjalanan, mintalah kursi di bagian depan.

Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Kesehatan

Mengapa Sulit Tidur?

By: dr Tirsa Verani Sp OG 2018-01-03 23:21:57 (UTC)
Semakin tua usia kehamilan, tak jarang bagi Mam untuk mengalami beragam ketidaknyamanan, di antaranya adalah mulai merasa sulit tidur atau insomnia. Jangan bersedih, karena Mam tidak sendirian, kok. Menurut sebuah artikel yang dimuat di americanpregnancy.org, 78% wanita hamil mengalami insomnia. Kondisi ini memang biasanya akan mengganggu aktivitas Mam sehari-hari, namun ia sesungguhnya tidak dapat mengganggu masa kehamilan Mam.
 
Gangguan tidur pada wanita hamil bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mereka mencakup perasaan tidak nyaman karena bagian abdomen/perut yang semakin besar, rasa pegal dan nyeri pada punggung, serta heartburn atau sensasi panas yang terasa pada bagian dada. Perasaan gelisah atau cemas yang biasa dialami calon Mam, seringnya terbangun untuk buang air kecil, serta perubahan hormon juga turut mengakibatkan gangguan tidur pada wanita hamil.

Yang bisa Mam lakukan untuk mengurangi gangguan ini adalah:
  • Mempersiapkan diri agar lebih nyaman saat tidur, misalnya dengan mandi air hangat, minum teh kamomil yang punya efek relaksasi, mendengarkan musik bernada lembut, atau pijatan ringan pada bagian kaki.
  • Pastikan posisi bantal, guling, maupun kasur Mam tidak terlalu keras, atau terlalu empuk yang bisa menambah rasa pegal pada tubuh.
  • Lampu kamar yang temaram biasanya membantu agar tidur lebih nyaman. Mam juga bisa memasang aromaterapi lavender atau mengoleskan minyak esensial lavender, yang memiliki efek relaksasi.
  • Tenangkan diri dengan berdoa, bermeditasi, atau hanya berada dalam situasi yang hening. Dalam banyak kasus, stress juga bisa dapat mengganggu kualitas tidur.
  • Jauhkan diri dari suara-suara bising saat tidur. Matikan TV dan perangkat elektronik lainnya di kamar, yang bisa mengganggu konsentrasi Mam saat ingin beristirahat.
  • Bila kamar Mam menggunakan AC, atur suhunya agar tidak terlalu dingin. Suhu yang terlalu dingin juga menyebabkan Mam ingin buang air kecil makin sering.
 
Bila kondisi sulit tidur ini makin memburuk, segera konsultasikan dengan dokter Mam untuk mendapatkan rekomendasi secara profesional.
 
Sumber:
  • https://www.babycenter.com/0_sleep-problem-insomnia-during-pregnancy_7521.bc
  • http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/insomnia-during-pregnancy/
  • https://www.ayahbunda.co.id/kehamilan-tanya-jawab/ibu-hamil-sulit-tidur
Penulis
dr Tirsa Verani Sp OG

Dokter Tirsa Verani K. Oroh, Sp.OG lulus Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Kebidanan dan Kandungan Fakultas Kedokteran UI Jakarta. Aktif sebagai Controversies in Obstetrics, Gynecology dan Infertility

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top