Yang Perlu Diketahui dari Trimester Pertama Kehamilan

Rabu, 06 Desember 2017, 22:42 WIB10 Shares
Memang betul, pengalaman selama hamil berbeda antara satu Mam dengan yang lainnya. Ada sebagian Mam yang pada trimester pertamanya baik-baik saja dan bisa beraktivitas seperti biasa, akan tetapi, ada sebagian Mam lain yang melewati masa trimester dengan penuh ‘perjuangan’. 

Namun demikian, ada salah satu gejala paling umum yang dialami para Mam pada trimester pertama dikenal dengan sebutan morning sickness. Mungkin Mam pernah mendengar jika wanita hamil identik dengan mual dan muntah? Betul, mual adalah salah satu gejala kehamilan yang paling universal, yang mempengaruhi hingga 85% wanita hamil. 

Morning sickness terjadi karena lonjakan kadar hormon Human Chorionic Gonadatropin (hCG) dalam tubuh. Kenapa biasanya terjadi di pagi hari (sehingga dinamakan morning sickness)? Karena ketika tidur, lambung dalam keadaan kosong dan akan memicu asam lambung pada saat bangun. Timbullah mual dan berakhir muntah. 

Berbagai macam hormon juga muncul, yaitu Human Placenta Lactogen (hPL), Relaksin, Estrogen, Progesteron, Melanocyte Stimulating Hormone (MSH). Secara garis besar, fungsi hormon-hormon tadi untuk menyesuaikan keadaan tubuh agar siap dengan kondisi kehamilan. Efeknya, pada sebagian Mam, di area tertentu kulit akan lebih gelap. Misalnya di bagian lipatan, ketiak, dan area puting. Bentuk dan berat badan tubuh Mam juga ikut berubah. Selain itu, fungsi lain dari hormon-hormon tadi menstimulasi produksi ASI, mengisi kantong-kantong di payudara. 

Secara biologis, janin juga berkembang. Menurut dr. Khanisyah Erza Gumilar, SpOG, staf divisi Fetomaternal RS Universitas Airlangga, Surabaya, berikut adalah tahapan lengkap perkembangan janin yang perlu para Mam ketahui.  

Usia 0-3 minggu
Periode ini disebut juga sebagai periode perkembangan zigot dan blastosis (pre-embrionik). Dua minggu pertama setelah terjadi fertilisasi (pembuahan), zigot berkembang menjadi blastosis kemudian mengadakan implantasi di dinding endometrium (lapisan di dalam rahim) 6-7 hari setelah fertilisasi. Sel-sel di bagian dalam pada dinding blastosis yang tebal akan berkembang menjadi embrio, sedangkan sel-sel di bagian luar tertanam pada dinding rahim dan membentuk plasenta (ari-ari). 

Usia 3-8 minggu
Hasil pembuahan disebut embrio ketika memasuki usia 3 minggu dari  terjadinya fertilisasi. Pada periode ini, hCG mulai meningkat dan dapat dideteksi dengan tes kencing. Peningkatan kadar hormon ini menghentikan menstruasi Anda, seringkali merupakan pertanda pertama kehamilan, dan memicu pertumbuhan plasenta.

Pada usia 4-5 minggu, denyut jantung mulai terlihat dengan pemeriksaan USG transvaginal. Di akhir usia 6 minggu, ukuran embrio kurang lebih 22-24mm, menampakkan bentukan kepala dan badan. Pada usia ini jantung sudah sepenuhnya terbentuk lengkap, tangan dan kaki, demikian juga sistem saraf dan pencernaan juga mulai terbentuk. Di usia kehamilan 3-8 minggu ini direkomendasikan penggunaan USG TVS, untuk evaluasi pertumbuhan embrio.

Usia 8 minggu
Bakal janin berukuran 4 cm. Crown-to-rump length (CRL) dapat diukur dengan menggunakan USG transabdomen. Ukuran CRL adalah patokan usia kehamilan sesungguhnya. Jantung bayi mulai lengkap, artinya terdiri dari 4 rongga. Termasuk sekat untuk membatasi ruang bilik dan serambi, dan katup di antara ruang-ruangnya. Saluran kencing, alat kelamin dan anus sudah terbentuk. Pada masa ini, lewat USG, dokter bisa mendengarkan detak jantung janin, mengetahui usia pasti kehamilan dan memperkirakan tanggal proses persalinan.

Usia 12 minggu
Pertumbuhan janin meningkat pesat. Sel motorik janin semakin terasah dan terasa. Rahim mulai membesar mengikuti panjang dan beratnya embrio. Biasanya mulai dapat diraba persis di atas simfisis pubis. Ukuran CRL 6-7cm diikuti dengan gerakan janin yang menggeliat secara spontan. Alat kelamin janin yang dalam posisi meringkuk, mulai terbentuk. Tulang-tulang juga mulai tampak diikuti pertumbuhan kulit, rambut  dan kuku. Janin bisa menutup jari-jari tangannya. 


Sumber: 
http://mommiesdaily.com/2017/01/24/apa-yang-terjadi-pada-janin-dan-ibu-di-trimester-pertama/ (tanggal akses: 25 September 2017, 13:00)
http://www.webmd.com/baby/guide/first-trimester-of-pregnancy (tanggal akses: 25 September 2017, 13:00)
https://www.babycenter.com/0_the-ultimate-pregnancy-to-do-list-first-trimester_10341205.bc - (tanggal akses: 25 September 2017, 13:30)
https://www.fitpregnancy.com/pregnancy/pregnancy-calendar/your-first-trimester-week-week - (tanggal akses: 25 September 2017, 14:00)

0 Komentar

Artikel Terkait

Kesehatan

Memasuki Trimester Kedua Kehamilan

Baca selengkapnya

Kesehatan

Makan Untuk Dua Orang Saat Hamil Cuma Mitos

Baca selengkapnya

Kesehatan

Apa yang Terjadi Pada Janin dan Ibu di Trimester Ketiga?

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top